Meningkatkan Produktivitas Peternakan Ayam dengan Atap Kuat Alderon

atap peternakan Alderon

Meningkatkan Produktivitas Peternakan Ayam dengan Atap Kuat Alderon

Share this article:

Fungsi atap yang paling utama adalah melindungi ruangan yang berada di bawahnya. Namun, penggunaan atap untuk keperluan selain hunian perlu memperhatikan fungsi lain secara menyeluruh, misalnya penggunaan atap pada kandang peternakan ayam. Idealnya, atap yang digunakan untuk melindungi kandang peternakan mampu menekan suhu di dalam kandang.

Di Indonesia, jenis atap kandang ayam yang biasanya digunakan adalah genting atau genteng tanah liat dan rumbia. Sayangnya atap genteng kurang efisien karena membutuhkan struktur yang sangat kuat, sementara atap rumbia mudah terbakar.

Peternakan yang ada pada negara beriklim tropis seperti Indonesia dengan suhu yang fluktuatif memerlukan jenis atap yang tepat untuk menjaga kualitas hewan ternak. Secara tidak langsung performa kandang akan mendukung peningkatan performa hewan ternak yang lebih sehat. Selain itu, biaya perawatan atap juga perlu dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian atap untuk keperluan peternakan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengaplikasikan atap kandang ayam:

atap dingin kandang ayam manado menggunakan Aldron
Atap Dingin Kandang Ayam Manado menggunakan Alderon
  • Suhu dan Kelembapan 

Atap Alderon dengan lapisan pelindung UV dan strukturnya yang berongga difungsikan untuk mengurangi suhu dalam kandang ayam. Suhu ideal untuk kandang ayam dengan sistem closed house adalah 27-28°C. Sementara itu, untuk kelembapan dalam kandang sebaiknya berada di kisaran 70%.

Melihat kebutuhan tersebut, Alderon merupakan pilihan yang tepat. Kemampuan Alderon untuk menurunkan suhu ultraviolet secara efektif dapat mencapai 30%, sehingga akan melindungi ayam dari bahaya radiasi dan panas ultraviolet yang berlebih.

Dengan menggunakan Alderon, Anda tidak perlu menggunakan aluminium foil untuk menahan panas. Karena Alderon merupakan atap dingin dan sejuk yang dapat meredam panas sehingga nyaman untuk hewan.

Alderon tahan suhu -20 hingga 60 derajat celsius sehingga mampu meredam panas secara efektif, memberikan suhu nyaman bagi ayam dalam kandang. Sekalipun atap Alderon mampu menjaga suhu tetap sejuk pada siang hari, Anda perlu melengkapi kandang ayam dengan ventilasi udara yang baik untuk mempertahankan suhu di malam hari tetap hangat.

sudut kemiringan pemasangan atap alderon
Sudut Kemiringan Pemasangan Atap Alderon
  • Sudut Kemiringan Atap

Sudut kemiringan atap pada kandang ayam juga menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan kehidupan hewan ternak. Posisinya dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan tipe kandang yang akan digunakan. Kondisi lingkungan dalam hal ini terutama mengacu pada kondisi curah hujan. Peternakan di Indonesia umumnya menggunakan atap dengan kemiringan 10°.

Namun, sudut kemiringan yang direkomendasikan adalah 30-45°. Hal ini perlu diingat bahwa semakin curam atap maka semakin banyak dan cepat debit air yang dapat mengalir. Hal ini mencegah masuknya air hujan ke dalam kandang ketika hujan turun, sehingga kesehatan hewan lebih terjamin.

 

✨ Tahukah Anda?

Selain sebagai atap, Alderon juga dapat diaplikasikan sebagai wall cladding / pelapis dinding. Simak selengkapnya disini.

 

  • Sirkulasi Udara

Sebagai makhluk hidup, ayam tentu melakukan metabolisme dan melepaskan panas dari tubuhnya. Panas tubuh ini mengandung gas amonia yang harus dikeluarkan dari kandang dan diuraikan.

Menggunakan atap Alderon untuk peternakan akan memperlancar sirkulasi udara di dalam kandang. Sirkulasi udara yang baik akan mendukung terciptanya suasana sejuk dalam kandang, sehingga ayam akan merasa lebih tenang dan nyaman meskipun berada di dalam kandang sepanjang hari. Apabila kenyamanan di dalam kandang kurang, hewan akan cepat haus dan rentan mengalami stres.

 

Kandang Sapi Cimory menggunakan Alderon Twinwall
Kandang Sapi Cimory menggunakan Alderon Twinwall

Alderon pada Industri Peternakan

Salah satu peternakan di Indonesia yang sudah menggunakan atap uPVC Alderon adalah Kandang Sapi Cimory. Peternakan ini menggunakan Alderon Twinwall, dengan ketahanan luar biasa terhadap panas ultraviolet dan bahan-bahan kimia.

Aplikasi Alderon untuk keperluan peternakan lainnya telah dilakukan oleh salah satu peternakan ayam petelur di Manado. Berbeda dengan jenis atap sebelumnya, peternakan ini menggunakan Alderon RS Singlewall profil Roma dengan warna biru.

 

Pabrik Amonia menggunakan Alderon Twinwall
Pabrik Amonia menggunakan Alderon Twinwall

Alderon pada Industri Amonia

Tidak hanya diaplikasikan pada peternakan, atap Alderon juga dapat diaplikasikan pada pabrik amonia, seperti konstruksi pabrik milik PT. Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) pada gambar di atas. Konstruksi pabrik tersebut menggunakan Alderon Twinwall 860 sebagai komponen roofing utama.

Alderon juga telah lulus uji ketahanan terhadap bahan kimia asam sulfur dan asam nitrat. Ini membuat Alderon menjadi pilihan utama untuk digunakan pada berbagai jenis bangunan.

Demikian penjelasan terkait penggunaan atap yang tepat untuk keperluan peternakan. Tertarik mengaplikasikan Alderon untuk proyek Anda? Anda dapat membaca spesifikasi masing-masing tipe Alderon pada halaman Produk Alderon. Untuk mengajukan pertanyaan atau penawaran silakan mengisi form atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com