5 Bentuk Atap Rumah yang Cocok untuk Iklim Indonesia

09
August
atap rumah tidak panas berisik alderon rs

5 Bentuk Atap Rumah yang Cocok untuk Iklim Indonesia

Share this article:

Bentuk atap rumah di setiap negara umumnya berbeda-beda. Hal ini ada kaitannya dengan iklim di sebuah negara. Begitu juga dengan di Indonesia, bentuk atap rumah harus sesuai dengan kondisi iklim tropis di mana musim panasnya sangat panas dan di musim hujan turunnya sangat lebat. Atap iklim tropis ini berbeda dengan atap musim subtropis ataupun musim sedang.

Bentuk Atap Terbaik yang Dapat Anda Pilih

Jenis atap rumah ada berbagai bentuk. Tetapi tidak semua bentuk atap rumah cocok digunakan di Indonesia. Berikut beberapa bentuk atap rumah yang cocok untuk menghadapi panas dan hujan di Indonesia:

1.    Atap Pelana (Gable Roof)

model atap rumah Alderon RS Roma White pada Atap Rumah Perumahan Bogor
Alderon RS Roma White pada Atap Rumah Perumahan Bogor

Atap pelana adalah yang paling sering digunakan di banyak rumah-rumah, dengan bentuk segitiga. Jenis atap semacam ini cukup simpel dibangun karena bentuknya tidak rumit. Atap pelana yang basic bisa menggunakan berbagai tipe material atap. Mulai dari tanah liat, beton, dan lain sebagainya.

Karena fleksibel, biaya pembuatan atap pelana termasuk terjangkau. Kelebihan atap pelana adalah mampu meredam panas karena di bagian loteng tersisa banyak ruang. Saat turun hujan, bisa dialirkan dengan baik di kedua sisinya.

2.    Atap Perisai (Hip Roof)

model atap rumah alderon atap plastik
Model Atap Rumah menggunakan Alderon

Sekilas bentuk atap perisai mirip dengan atap pelana, tapi sebenarnya berbeda. Kalau atap pelana hanya memiliki dua sisi yang mengerucut ke atas. Sedangkan atap perisai memiliki empat sisi yang mengerucut di bagian atas.

Jenis atap ini cocok untuk area yang bersalju dan sering diguyur hujan lebat. Atap perisai lebih tahan terhadap angin dibandingkan atap pelana. Tetapi atap perisai lebih sulit dibuat dan otomatis membutuhkan biaya lebih besar.

pasar tamansari bogor - pasar rakyat - alderon hollow 860
Pasar Tamansari Bogor menggunakan Alderon Twinwall

3.     Atap Limas (Pyramid Roof)

Desain Atap Rumah Limas Alderon Twinwall
Desain Atap Rumah Limas Alderon Twinwall

Atap limas bentuknya menyerupai piramida. Biasanya jenis atap ini digunakan untuk rumah yang ukurannya lebih kecil. Paling cocok digunakan untuk bungalow. Bisa juga untuk garasi, gudang, atau bangunan terpisah lainnya. Dibandingkan atap perisai, atap limas lebih tahan angin. 

Model Atap Rumah Piramida - Alderon RS
Model Atap Rumah Piramida – Alderon RS

4.    Atap Miring (Shed Roof)

rumah atap miring alderon warna putih pada gereja
Atap Rumah Miring menggunakan Alderon

Atap miring adalah bentuk atap rumah hemat biaya, sebab hanya terdiri dari satu sisi yang bentuknya miring. Atap ini bisa mengalirkan air hujan ke salah satu sisi. Tampilan atap miring modern dan sangat mudah dibuat, sehingga biaya yang dibutuhkan untuk membuatnya pun mudah. Hanya saja ruangan loteng yang tersisa sangat kecil.

5.    Atap Lengkung (Arch Roof)

Alderon Turut Sukseskan Program Pasar Rakyat Kemendag
Alderon Turut Sukseskan Program Pasar Rakyat Kemendag

Meski memiliki bentuk yang unik dan menarik, atap lengkung masih jarang diterapkan di rumah-rumah Indonesia. Atap jenis ini biasanya diaplikasikan untuk bangunan berukuran besar seperti pabrik, pasar, gudang bahkan stadium. Padahal penggunaan atap jenis ini dapat menghemat biaya struktur rangka. Jadi tidak ada salahnya apabila atap jenis ini diterapkan pada hunian Anda.

atap gelombang alderon twinwall aplikasi atap lengkung pt kai madiun
Atap Lengkung Alderon di PT KAI Madiun

 

Hindari Bentuk Atap di Bawah Ini

Selain beberapa bentuk atap di atas, Anda mungkin punya ide lain. Tapi pastikan Anda menghindari bentuk atap berikut ini:

1.    Atap Kupu-kupu (Butterfly Roof)

atap kupu-kupu butterfly roof
Ilustrasi Atap Kupu-kupu. Sumber: architizer.com

Bentuk atap kupu-kupu menyerupai huruf V. Jenis atap ini sangat jarang digunakan, dan mungkin tidak digunakan sama sekali di Indonesia, karena tidak cocok dengan iklimnya. Kedua sisinya menurun ke tengah, jadi sangat tidak baik untuk aliran hujan. Pembuatan atap ini rumit dan butuh biaya besar juga.

2.    Atap Datar (Flat Roof)

atap datar
Ilustrasi Atap Datar. Sumber: civilengdis.com

Meski namanya datar, tapi sebenarnya atap ini tidak sepenuhnya datar. Air hujan tetap bisa dialirkan ke bawah, hanya saja tidak terlalu miring. Jadi di area yang curah hujannya tinggi jelas tidak disarankan untuk iklim tropis. Karena sangat rentan bocor.

Mau tahu apa saja penyebab atap bocor? Baca artikel ini: Waspada Musim Hujan! Ketahui 5 Penyebab Atap Rumah Bocor

3.    Atap Mansard (Mansard Roof)

atap mansard
Ilustrasi Atap Mansard. Sumber: pinterest.com

Ini adalah gaya atap Prancis yang didesain oleh arsitek Francois Mansart. Ini adalah atap untuk empat sisi miring dobel. Atap mansard cocok untuk memiliki ruangan yang lebih tinggi di atap. Jadi kedepannya bisa lebih mudah kalau mau membangun. Bentuk atap rumah ini cocok untuk perumahan di Eropa, tapi tidak di iklim tropis.

Material Atap Juga Tidak Kalah Penting

Selain menentukan bentuk atap anti panas dan anti bocor, memilih material atap juga sangat penting. Ada banyak pilihan material atap yang sering digunakan. Mulai dari genteng tanah liat, baja ringan, beton hingga polycarbonate. Satu lagi material atap yang punya banyak kelebihan sekaligus cocok untuk iklim di Indonesia, yakni uPVC Alderon.

kelebihan alderon rs kuat tahan lama tidak berkarat
Berbagai Kelebihan Alderon

Atap uPVC Alderon mampu meredam panas dan suara dengan sangat baik. Sehingga ketika musim panas, rumah tidak terasa panas karena mampu melindungi dari sinar UV. Ketika musim hujan tidak berisik. Alderon adalah atap anti panas sekalipun tanpa insulasi. Tentu juga sangat kuat, kokoh dan tahan lama serta anti bocor berkat sekrup Alderon Weather Seal.

Bentuk Atap Paling Cocok dengan Atap Alderon

gambar desain model atap rumah alderon sejuk dingin
Atap pada Penginapan menggunakan Alderon Twinwall

Model atap rumah miring adalah yang paling cocok menggunakan atap alderon. Sebab bisa Anda desain dengan berbagai bentuk yang kekinian. Bentuk atap miring juga mampu mengalirkan air hujan dengan sangat baik. Dengan menggunakan atap Alderon, panas akan teredam dengan baik walaupun ruangan loteng tidak besar.

Demikian penjelasan mengenai bentuk atap rumah. Semoga dapat membantu Anda menjadi lebih yakin untuk mengaplikasikan uPVC Alderon sebagai material atap rumah. Informasi lebih lengkap terkait produk Alderon dapat Anda temukan di halaman produk Atap uPVC Alderon. Untuk mengajukan pertanyaan, silakan mengisi formulir online atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com