Waspada Musim Hujan! Ketahui 5 Penyebab Atap Rumah Bocor

waspada musim hujan penyebab atap bocor

Waspada Musim Hujan! Ketahui 5 Penyebab Atap Rumah Bocor

Share this article:

Siapkah rumah Anda menghadapi musim hujan? Jangan sampai atap rumah Anda mengalami kebocoran. Untuk itu cari tahu disini penyebab bocornya.

Faktor Alami

Perubahan cuaca dari panas ke dingin dapat menyebabkan material atap cepat rusak.  Jika bahan atap kurang berkualitas, atap akan mudah rusak karena perubahan cuaca.

 

cara pasang atap alderon
Cara Pasang Atap Alderon

Pemasangan Atap yang Tidak Sesuai Rekomendasi

Jika Anda membangun atau merenovasi rumah, perhatikan teknik pemasangan atap yang Anda lakukan.  Pastikan atap yang Anda terpasang sesuai prosedur dan tidak meninggalkan rongga sebab rongga yang ada akan menjadi celah air untuk masuk, selain itu Anda juga dapat menggunakan wuwungan untuk bagian atas atap rumah Anda.

 

sudut kemiringan pemasangan atap alderon
Sudut Kemiringan Pemasangan Atap Alderon

Sudut Kemiringan Yang Salah

Sudut kemiringan atap disarankan minimal 10 derajat / 15 derajat, perlu Anda ketahui bahwa semakin besar sudut kemiringan maka semakin baik. Tujuannya agar air hujan yang jatuh mengenai atap bisa langsung mengalir ke bawah dan tidak merembes masuk ke dalam rumah.

 

Pemasangan Atap Alderon menggunakan Sekrup Weather Seal
Pemasangan Atap Alderon menggunakan Sekrup Weather Seal

Penggunaan Aksesoris yang Tidak sesuai

Saat membangun rumah, usahakan menggunakan aksesoris yang direkomendasikan.  Jika tidak maka akan terjadi kebocoran pada sambungan atap. Anda dapat menggunakan merk atap yang menyediakan aksesoris seperti merk atap Alderon untuk meminimalisir kebocoran pada sambungan atap.

 

alderon vs spandek - alderon tidak bising ketika hujan
Alderon vs Spandek – Alderon Tidak Bising Ketika Hujan

Bahan Pembuat Atap yang Tidak Tepat

Ada banyak sekali bahan untuk membuat atap, namun tidak semuanya dapat dijadikan sebagai atap utama (rumah). Bahkan, bahan pembuat yang sama pun biasanya kualitasnya berbeda. Pastikan material atap yang Anda gunakan berkualitas dan terpercaya. Dengan memilih bahan yang tepat, air hujan akan tetap dapat mengalir meskipun kemiringan atap kurang dari 30 derajat.

 

Untuk mengatasi atap rumah Anda yang bocor, kami rekomendasikan untuk menggunakan Atap Alderon Anti Bocor yang memiliki aksesoris lengkap seperti sekrup Weather Seal dan Nok Wuwungan penutup atap. Alderon Twinwall memiliki fitur Anti Leakage Coupling System yang dapat mencegah kebocoran. Simak tips memasang Alderon atap anti bocor pada artikel berikut ini.

Kelebihan atap Alderon lainnya yaitu Alderon dapat meredam suara dan membantu mengurangi suara dari luar, terutama saat hujan deras. Tes laboratorium menunjukan bahwa atap Alderon Twinwall yang tebalnya 10mm dapat mengurangi suara yang masuk hingga 27% (ASTM E90) atau <15db sedangkan Alderon RS yang tebalnya 1.2mm dapat mengurangi suara yang masuk hingga 20%.

 

Demikian ulasan mengenai penyebab atap bocor. Pastikan atap Anda siap menghadapi musim hujan. Tertarik mengaplikasikan produk atap Alderon Anti Bocor pada bangunan Anda? Pastikan Anda melakukan pembelian di seluruh cabang resmi PT. Mulford Indonesia atau berbagai toko bangunan yang tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan kota-kota lainnya. Informasi kontak, alamat cabang resmi hingga harga atap Alderon dapat Anda peroleh dengan mengisi inquiry form atau menghubungi 021 2188 2099/2001.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com