Jangan Salah Pilih, Ini Bedanya Alderon vs Spandek

Perbedaan Atap Alderon dan Atap Spandek - alderon vs spandek

Jangan Salah Pilih, Ini Bedanya Alderon vs Spandek

Share this article:

Alderon vs Spandek – Ada berbagai material atap kanopi di pasaran, salah satunya yaitu atap Alderon dan atap spandek. Terbuat dari material yang berbeda, keduanya merupakan jenis atap kanopi yang berbeda. Atap Alderon terbuat dari material Unplasticizide Polyvinyl Chloride (uPVC) sedangkan atap spandek terbuat dari perpaduan material seng dan alumunium.

Atap Alderon dikenal masyarakat secara luas dan populer karena memiliki rongga udara yang mampu meredam panas sangat baik sehingga membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih sejuk dan dingin.

Baca juga: Tips Agar Suhu Rumah Sejuk Tanpa AC

Sedangkan atap zincalume atau lebih dikenal atap spandek bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan atap seng dengan model yang lebih artistik.

Berdasarkan kelebihan dan kelemahannya berikut perbedaan atap Alderon dan atap spandek.

Alderon vs Spandek

alderon vs spandek - alderon lebih kuat dibanding spandek
Alderon vs Spandek – Alderon Lebih Kuat Dibanding Spandek

Kuat dan Kokoh

Atap Alderon memiliki ketebalan 10 mm, inilah yang membuat atap Alderon juga memiliki kelebihan utama yaitu kuat dan kokoh. Atap Alderon kuat menahan beban hingga 200 kg. Simak video uji ketahanan Alderon kuat dilindas mobil disini.

Sebaliknya dengan atap spandek yang sangat tipis dan tidak kokoh, terutama ketika diinjak pada saat pemasangan akan mudah penyok.

 

Meredam Panas

Atap Alderon memiliki rongga yang membuat udara dapat tersirkulasi dengan baik, suara bising lebih senyap serta panas dapat diredam. Sehingga dapat menimbulkan kesan sejuk, dingin dan nyaman apabila berada di bawahnya.

Sedangkan atap spandek memiliki daya serap panas yang tinggi sehingga panas matahari akan diteruskan langsung ke bagian bawahnya. Anda bisa menggunakan tambahan peredam panas atau insulasi seperti aluminium foil yang mana dapat menambah biaya saat pemasangan.

 

alderon vs spandek - alderon tidak bising ketika hujan
Alderon vs Spandek – Alderon Tidak Bising Ketika Hujan

Meredam Suara

Atap kanopi spandek yang sangat tipis bukanlah peredam suara yang baik. Apabila hujan deras maka atap spandek ini dapat menimbulkan suara berisik yang mengurangi rasa nyaman dalam hunian. Selain tipis, material atap spandek yang terbuat dari perpaduan seng dan aluminium juga merupakan satu faktor yang menyebabkan atap spandek ini memiliki tingkat kebisingan yang jauh lebih tinggi ketimbang jenis atap yang lainnya.

Lain halnya dengan atap Alderon, adanya rongga udara pada atap Alderon berfungsi untuk meredam suara dan membantu mengurangi suara dari luar, terutama saat hujan deras. Berdasarkan uji coba laboratorium, atap Alderon dapat meredam suara hingga 15db.

 

DAPATKAN ALDERON SEKARANG JUGA DENGAN ISI FORMULIR ONLINE BERIKUT ✨

 

Anti Karat dan Tahan Bahan Kimia

Atap Alderon tidak berkarat walau mengalami cuaca paling buruk sekalipun. Selain itu atap Alderon anti rayap dan tahan bahan kimia sehingga cocok diaplikasikan untuk atap pabrik. Tidak diragukan lagi memilih atap Alderon yang awet dan tahan lama sebagai atap kanopi merupakan pilihan yang tepat.

Sementara atap spandek kurang cocok apabila digunakan pada daerah pinggir pantai, industri berat, atau lingkungan korosif lainnya. Biasanya permukaan atap spandek dicat agar tidak mudah korosi.

Selain itu atap spandek juga tidak tahan korosi terhadap mortar atau adukan semen karena bisa menimbulkan reaksi kimia yang berpotensi merusak lapisan atap spandek sendiri.

 

Anti UV

Alderon diperkuat dengan formula pelindung UV, melindungi Alderon dari sinar Ultra Violet dan cuaca yang tidak menentu, membuatnya tahan lama, tidak mudah pecah, dan menjaga warna Alderon tetap indah untuk jangka waktu yang lama.

Sedangkan atap spandek tidak dilengkapi dengan lapisan pelindung anti UV.

 

Pilihan Warna yang Indah

Alderon hadir dengan pilihan warna biru, putih dan abu-abu yang tersedia dalam varian matte/doff dan translucent atau semi transparan.

Alderon varian semi transparan mampu menerima 20% cahaya namun tetap terasa sejuk di bawahnya. Alderon varian doff dan semi transparan biasa dikombinasikan untuk kebutuhan penerangan cahaya pengganti lampu pada atap pabrik.

Atap Alderon maupun atap kanopi spandek memiliki beberapa pilihan warna. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memilih warna atap yang sesuai dengan konsep bangunan.

 

Kemudahan Instalasi

Pada proses pemasangan atap kanopi spandek biasanya menggunakan insulasi tambahan berupa aluminium foil beserta roofmesh kawat penahan aluminium foil yang mana akan memakan waktu pemasangan yang lebih lama.

Berbeda dengan proses pemasangan atap Alderon, purlin atau gorden yang sudah selesai bisa langsung di pasang Alderon tanpa harus menggunakan insulasi tambahan. Selain pemasangan yang lebih cepat, juga dapat mengurangi biaya, waktu dan tenaga.

Atap Alderon maupun atap spandek dapat diaplikasikan sebagai atap kanopi, carport mobil, atap gudang, atap parkir hingga atap rumah.

Dirancang dengan bahan-bahan baku terbaik, membuat Alderon memiliki lebih banyak kelebihan untuk digunakan sebagai atap rumah maupun proyek Anda.

 

Dapatkan produk Alderon di distributor/cabang resmi PT Mulford Indonesia yang tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Untuk kebutuhan retail, kini produk Alderon sudah tersedia di Official Store Impack Pratama di Shopee dan Tokopedia.

Untuk kebutuhan project atau ingin mengajukan pertanyaan, silakan mengisi inquiry form atau berbicara langsung dengan Customer Care Live Chat atau hubungi kami di 021 2188 2099/2001.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com