Cara Pasang Atap Alderon yang Baik dan Benar

cara pasang atap alderon

Cara Pasang Atap Alderon yang Baik dan Benar

Share this article:

Cara pasang atap Alderon dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan Alderon memiliki Anti Leakage Coupling System yang membuat pemasangan Alderon dapat dilakukan dengan mudah dan mampu mencegah terjadinya kebocoran.

Namun Anda tetap harus memperhatikan petunjuk proses tahapan cara pemasangan Alderon yang baik dan benar. Apabila tidak berpengalaman, Anda bisa saja melakukan kesalahan yang kemudian berdampak pada pemasangan yang keliru. Akibatnya atap Alderon bisa saja memiliki bagian yang bocor saat hujan. Selain itu apabila salah dalam pemasangan dapat membatalkan garansi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya Anda menggunakan aksesoris atap Alderon lainnya seperti perabung atap atau lebih dikenal dengan nok atau wuwungan serta sekrup khusus Alderon Weather Seal yang dibuat untuk pemasangan atap Alderon.

 

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Atap Alderon

Komponen yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pemasangan, sebaiknya siapkan komponen yang dibutuhkan terlebih dahulu. Komponen yang dibutuhkan yaitu lembaran Alderon dan aksesoris penunjang seperti sekrup Alderon Weather Seal dan Alderon Nok / Bumbungan / Wuwungan yang bisa Anda dapatkan di toko material terdekat.

Peralatan yang Dibutuhkan

Sebaiknya pemotongan lembaran Alderon dilakukan dengan mesin pemotong (gerindra) agar mendapatkan hasil yang rata dan sesuai dengan keinginan. Untuk alat yang digunakan dalam instalasi standar alat tukang yaitu meteran, bor, obeng dan lainnya.

Cara Pemasangan Atap Alderon

Berikut ini petunjuk cara pemasangan atap Alderon sesuai dengan yang diinstruksikan (direkomendasikan) oleh pabrik atap Alderon:

  1. Perhatikan Tanda “This Side Up”

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memasang atap Alderon ialah tanda “This Side Up” yang terdapat pada permukaan tepi atap. Ini sangatlah berguna untuk menghindari kesalahan saat pemasangan. Pastikan tanda “This Side Up” menghadap ke atas.

  1. Gunakan Sekrup Khusus Alderon Weather Seal

Anda harus menggunakan sekrup khusus yang tersedia untuk atap Alderon yaitu Alderon Weather Seal. Alderon Weather Seal berkepala dan dilengkapi dengan karet pelindung. Buat diameter lubang sekrup dibuat lebih besar dari diameter sekrup kira-kira 3 mm untuk ruang pemuaian karena adanya perbedaan suhu antara siang dan malam.

Pemasangan sekrup harus dalam satu gunungan yang sama dan sekrup harus sejajar dalam satu barisan ke belakang.

  1. Minimum Kemiringan Atap

Diperlukan sudut kemiringan atap minimum 10˚ (10 derajat) untuk memastikan air hujan dapat mengalir dengan baik.

  1. Sistem Sambungan

Tutuplah bagian atas sistem sambungan ‘anti bocor’ atau Anti Leakage Coupling System pada bagian atas lapisan di bawahnya.

  1. Panjang Jarak Sambungan

Panjang jarak sambungan sisi panjang (length overlap) yang disarankan adalah 200 mm untuk atap yang landai dan 150 mm untuk sudut kemiringan atap yang lebih curam.

  1. Jarak Maksimum Overhang

Jarak Maksimum Overhang yang disarankan adalah 100 mm.

  1. Jarak Maksimum Reng / Purlin

Jarak maksimum reng / purlin yang disarankan adalah 1200 mm.

 

Ikuti petunjuk pemasangan sesuai video di bawah ini:

 

 

Cara Pasang Nok / Wuwungan Alderon

Posisikan tutup punggungan / nok / wuwungan / bumbungan Alderon pada bagian atas atap. Letakkan tutup punggungan berikutnya di atas setidaknya satu gelombang dari yang pertama.

 

Cara Pasang Sekrup Alderon

  1. Buat lubang dengan diameter kira-kira 3mm untuk menyediakan ruang pemuaian karena adanya perbedaan suhu di siang dan malam hari.
  2. Pasang sekrup pada gelombang di tiap lembaran dengan rekomendasi posisi sekrup di bawah ini:
  • Alderon Twinwall 830: Pasang sekrup pada gelombang 1, 3, dan 4. Sementara gelombang 6 overlapping dengan lembaran selanjutnya.
  • Alderon Twinwall 860: Pasang sekrup pada gelombang 1 dan 3. Sementara gelombang 5 overlapping dengan lembaran selanjutnya.
  • Alderon RS Roma: Pasang sekrup pada gelombang 1, 4, 6 dan 9. Sementara gelombang 11 overlapping dengan lembaran selanjutnya.
  • Alderon RS Greca: Pasang sekrup pada gelombang 1, 4, dan 7. Sementara gelombang 10 overlapping dengan lembaran selanjutnya.
  • Alderon RS Trimdeck: Pasang sekrup pada gelombang 1 dan 3. Sementara gelombang 5 overlapping dengan lembaran selanjutnya.
  • Alderon Lite: Pasang sekrup pada gelombang 1. Sementara gelombang 4 overlapping dengan lembaran selanjutnya.
panduan cara pemasangan sekrup baut alderon
Panduan Cara Pemasangan Sekrup Baut Alderon

Lakukan pemasangan baut pada tiap panjang lembaran 1 meter. Pemasangan baut harus dalam satu gelombang/gunungan yang sama dan baut harus sejajar dalam satu barisan ke belakang.

Demikian penjelasan mengenai cara pemasangan atap Alderon yang direkomendasikan. Perlu diingat bahwa pemasangan produk Alderon yang baik dan benar menghindarkan dari resiko kebocoran dan masalah lainnya.

Tertarik untuk menggunakan atap uPVC Alderon? Anda dapat membaca spesifikasi produk selengkapnya pada halaman Produk Alderon. Apabila memiliki pertanyaan, silakan mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188  2001/2099.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com