Cara Tepat Membersihkan Atap Alderon

cara tepat membersihkan atap upvc alderon

Cara Tepat Membersihkan Atap Alderon

Share this article:

Cara membersihkan Alderon – Alderon merupakan atap uPVC terbaik yang dapat bertahan di segala kondisi seperti tidak mudah terbakar, tahan terhadap cuaca ekstrim, dan tahan dari bahan kimia yang bersifat korosif. Kelebihan ini membuat atap Alderon menjadi pilihan atap kanopi masa kini. Sayangnya, Alderon dapat mengalami perubahan warna apabila perawatan tidak dilakukan secara tepat.

Biasanya perubahan warna dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya karena paparan sinar UV yang tidak merata sehingga membuat permukaan atap cenderung lembab. Debu dan sisa air hujan juga merupakan faktor lain yang membuat warna atap Alderon menjadi kusam. 

Bayangkan jika seandainya atap Alderon yang Anda gunakan sebagai kanopi carport menjadi kusam, tentu akan mengganggu tampilan rumah Anda secara keseluruhan. Hal ini harus Anda hindari, mengingat Alderon tidak memiliki garansi untuk persoalan warna. 

Oleh sebab itu Anda perlu melakukan perawatan yang tepat untuk menjaga atap Alderon tetap indah dan terawat. Dibandingkan dengan jenis atap lain, Alderon termasuk atap yang aman digunakan dan memiliki perawatan yang lebih ekonomis.

 

Cara Membersihkan Atap Alderon

Secara umum, perawatan atap Alderon yang direkomendasikan serupa dengan perawatan atap polycarbonate, yaitu dengan tiga langkah berikut:

  1. Menyiram atau membilas atap dengan air biasa
  2. Membersihkan lembaran atap menggunakan sabun cair dan air hangat
  3. Apabila masih terdapat debu yang menempel, Anda perlu membersihkannya menggunakan kain lembut atau spons. 

Untuk tipe Alderon Twinwall yang memiliki rongga, Anda dapat membersihkannya dengan cara menyemprotnya dengan air dicampurkan dengan sedikit sabun. Jika kotoran masih tetap ada, Anda dapat membersihkannya dengan kain lap yang lembut. Jangan menggunakan sikat atau alat tajam lainnya yang dapat menggoreskan atau merusak permukaan atap Alderon.

Cara Mencegah Kotoran Masuk ke Dalam Rongga Udara Alderon Twinwall

Untuk mencegah kotoran agar tidak masuk kembali, gunakan Sealant untuk menutup rongga, tepat pada posisi jatuhnya air. Anda dapat menggunakan Sealant Neutral merk OCI N192 yang bisa Anda dapatkan di Tokopedia.

oci n192 lem silikon sealant kaca bening kuat
OCI Silicone Sealant N-192

Cara membersihkan Alderon seperti di atas tidak perlu Anda lakukan setiap hari. Anda dapat membersihkannya setiap satu atau dua tahun sekali. Permukaan Alderon yang halus akan mempermudah Anda melakukan langkah-langkah tersebut. Namun, Anda justru harus berhati-hati dan menghindari penggunaan sikat atau alat tajam lainnya agar tidak menimbulkan goresan pada permukaan atap.

Selain perawatan yang sudah direkomendasikan, Anda dapat menggunakan alternatif lain untuk mencegah terjadinya kerusakan dengan menggunakan sealant. Untuk keperluan roofing, sebaiknya menggunakan jenis sealant khusus untuk roofing.

Untuk pertemuan atap Alderon dengan dinding bisa diaplikasikan menggunakan kain kasa lalu kemudian dilapisi dengan Sealant. Untuk uPVC kami rekomendasikan menggunakan Sealant Neutral OCI N192. Berbagai kelebihan yang dimiliki sealant mampu menjaga keindahan dan keawetan atap rumah Anda. Simak berikut ulasan mengenai cara menggunakan lem sealant yang baik dan benar.

 

alderon rs roma putih aplikasi atap sekolah di sukabumi
Aplikasi Atap Sekolah di Sukabumi – Alderon RS Roma Putih

Tips Agar Atap Rumah Tetap Indah dan Terawat 

Tidak hanya atap Alderon, jenis atap apa pun perlu memperoleh perawatan yang tepat untuk menjaga fungsi dan estetikanya. Atap yang mengalami kerusakan akan mengganggu kenyamanan, memakan biaya perbaikan yang besar, bahkan mengurangi fungsi perlindungan dari atap itu sendiri. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar atap rumah tetap indah dan terawat:

  • Periksa secara berkala untuk mengetahui kondisi atap Anda dari waktu ke waktu
  • Bersihkan atap dari debu dan kotoran yang dapat menyebabkan kerusakan, misalnya dengan cairan pembersih yang mengandung hidrogen peroksida
  • Periksa posisi genteng secara berkala, posisi genteng yang telah bergeser harus segera diperbaiki
  • Pastikan kemiringan atap rumah Anda sudah sesuai dengan ketentuan yang seharusnya
  • Periksa konstruksi atap secara berkala agar mengetahui apakah kondisinya masih aman, kokoh, dan belum berubah

Demikian penjelasan terkait proses perawatan atap rumah yang direkomendasikan. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda untuk semakin memahami cara yang tepat dalam merawat atap rumah Anda. Perlu diingat bahwa setiap jenis atap dapat memiliki perawatan yang berbeda. Oleh sebab itu Anda perlu memperhatikan hal ini sebelum membeli atap. 

Tertarik untuk menggunakan atap uPVC Alderon? Anda dapat membaca spesifikasi produk selengkapnya pada halaman Produk Alderon. Apabila memiliki pertanyaan, silakan mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2001/2099.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com