Jenis Atap Rumah Terbaik untuk Hunian Anda

jenis atap rumah terbaik atap upvc alderon

Jenis Atap Rumah Terbaik untuk Hunian Anda

Share this article:

Salah satu bagian penting pada konstruksi sebuah bangunan adalah atap. Karena, elemen konstruksi yang satu ini berperan penting dalam menjaga kenyamanan ruangan di bawahnya. Jenis atap rumah juga harus memiliki kekuatan yang tinggi, karena berinteraksi langsung dengan panas matahari dan cuaca selama bertahun-tahun.

Atap rumah yang baik tidak hanya dapat melindungi penghuninya, namun juga dapat menghalau udara panas di siang hari. Terlebih jika menetap di negara tropis seperti Indonesia, yang siang harinya akan terasa begitu panas.

Pada umumnya masyarakat di Indonesia menggunakan atap konvensional menggunakan genteng sebagai penutup atap rumah. Namun saat ini di pasaran sangat banyak beredar pilihan atap dari berbagai material. Apa saja jenis atap rumah terbaik untuk hunian Anda? Simak penjelasannya di bawah ini.

atap rumah atap upvc alderon
Alderon RS pada Atap Perumahan Surabaya

Atap uPVC

Atap uPVC mulai dikenal masyarakat secara luas dan populer karena merupakan material atap yang mampu meredam panas sangat baik sehingga membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih sejuk dan dingin.

Sudah tentu dengan keunggulan tersebut atap uPVC dapat meningkatkan suasana nyaman di dalam rumah. Hal tersebut yang membuat atap uPVC sangat cocok digunakan sebagai atap rumah.

Merk atap uPVC terbaik yaitu Alderon. Dirancang dengan bahan-bahan baku terbaik, membuat Alderon memiliki banyak kelebihan untuk digunakan sebagai atap rumah maupun proyek Anda.

Alderon diperkuat dengan formula pelindung UV, melindungi Alderon dari sinar Ultra Violet dan cuaca yang tidak menentu, membuatnya tahan lama, tidak mudah pecah, dan menjaga warna Alderon tetap indah untuk jangka waktu yang lama.

Selain dapat digunakan sebagai atap rumah, Alderon juga bisa digunakan sebagai atap kanopi. Atap kanopi Alderon bisa diaplikasikan untuk teras, area carport atau garasi mobil.

atap rumah genteng tanah liat yang berjamur
freeimages.com

Atap Genteng Tanah Liat

Atap yang terbuat dari tanah liat ini memiliki keunggulan tahan lama dan memiliki harga yang relatif murah. Karena bahannya yang tebal, panas tidak akan menembus ke dalam ruangan.

Namun sayangnya atap rumah jenis ini, rentan dengan kebocoran serta mudah berlumut dan berjamur. Apabila Anda tidak menguasai, cara pemasangannya rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

 

atap rumah seng mudah penyok
pexels.com

Atap Seng

Atap seng memiliki bobot yang ringan dibanding atap jenis lainnya. Atap jenis ini terbuat dari logam yang dapat menghantarkan panas sehingga membuat suhu dalam ruangan di bawahnya menjadi sangat panas.

Selain itu, dikarenakan terbuat dari logam yang tipis, permukaan atap seng yang terkena hujan akan menimbulkan suara berisik.

✨ Tahukah Anda?

Alderon dapat menahan panas dan meredam suara, sehingga penggunaan Alderon sebagai atap utama tidak memerlukan pemasangan aluminium foil.

 

atap rumah asbes berbahaya bagi kesehatan
Domesticsurveys.co.uk

Atap Asbes

Selain atap genteng tanah liat, atap asbes juga populer digunakan oleh masyarakat Indonesia. Atap asbes terbuat dari asbes semen. Atap jenis ini dapat menyerap panas sehingga apabila memiliki rumah dengan atap asbes, Anda akan terasa sangat panas berada di dalamnya.

Karena memiliki bentuk lembaran panjang yang tipis, atap asbes juga sangat rapuh dan mudah sekali retak. Selain itu atap asbes juga membawa dampak kesehatan yang membahayakan seperti dapat memicu kanker paru-paru.

 

atap rumah metal
Homebunch.com

Atap Metal

Salah satu atap dengan daya tahan lama lainnya yaitu atap metal. Dengan bahan utamanya yang terbuat dari logam, atap metal mampu menahan angin kencang dan tidak mudah terbakar.

Atap metal juga memiliki bobot yang relatif ringan sehingga mudah dalam pemasangannya. Sayangnya, permukaan atap metal mudah penyok jika diinjak terutama pada proses pemasangan. Kebisingan pada permukaan atap juga ditimbulkan ketika hujan deras.

Kelemahan lain dari atap metal terletak pada warnanya yang dapat memudar dan mengelupas.

 

atap rumah spandek
Unsplash.com

Atap Spandek

Atap spandek terbuat dari perpaduan material seng dan alumunium. Atap spandek bisa menjadi pilihan jika Anda menginginkan atap seng dengan model yang lebih artistik.

Atap spandek merupakan atap yang memiliki daya serap cahaya matahari yang tinggi. Sehingga ruangan yang berada di bawahnya akan terasa panas.

Atap yang cenderung tipis ini bukanlah peredam suara yang baik. Apabila hujan deras maka atap spandek ini dapat menimbulkan suara berisik yang mengurangi rasa nyaman dalam hunian. Selain tipis, ringan juga merupakan satu faktor yang menyebabkan atap spandek ini memiliki tingkat kebisingan yang jauh lebih tinggi ketimbang jenis atap yang lainnya.

 

Jenis atap rumah di atas cukup populer di Indonesia, Anda bisa menyesuaikan menurut budget dan konsep hunian. Melalui banyaknya kelebihan, atap uPVC Alderon menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin membangun hunian yang nyaman. Tidak perlu diragukan lagi, atap uPVC Alderon merupakan jenis atap rumah terbaik untuk hunian Anda.

Inspirasi Atap Rumah Menggunakan Alderon

model atap rumah alderon rs roma white perumahan surabaya
Model Atap Rumah Alderon RS Roma White Perumahan Surabaya

 

Alderon aplikasi proyek pada atap galeri seni
Aplikasi Alderon Twinwall 860 pada RS PMI Bogor

 

model atap rumah Alderon RS Roma White pada Atap Rumah Perumahan Bogor
Alderon RS Roma White pada Atap Rumah Perumahan Bogor

 

gambar desain model atap rumah alderon sejuk dingin
Model Atap Rumah Menggunakan Alderon Twinwall

 

model atap rumah gereja alderon twinwall genteng plastik
Model Atap Utama Gereja Alderon Twinwall

 

model atap rumah miring skylight transparan alderon pada gereja
Model Atap Rumah Alderon Tampak Dalam

 

Model Atap Rumah Piramida - Alderon RS
Model Atap Rumah Piramida – Alderon RS

 

Desain Atap Rumah Minimalis Sederhana Alderon RS
Desain Atap Rumah Minimalis Sederhana Alderon RS

 

Dapatkan produk atap uPVC Alderon di cabang PT Mulford Indonesia dan distributor yang tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia atau dapatkan produk Alderon dengan mengisi form ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Alderon hubungi kami di Layanan Live Chat atau di no 021 2188 2099 atau email cs@impack-pratama.com.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com