Kenali 5 Jenis Sambungan Pipa Alderon

jenis sambungan pipa pvc upvc alderon elbow socket tee reducer faucet elbow

Kenali 5 Jenis Sambungan Pipa Alderon

Share this article:

Produk pipa PVC tentu sudah sangat populer bagi Anda. Sebagai salah satu jenis pipa terbaik pilihan masyarakat, PVC banyak digunakan sebagai pipa untuk saluran air. Dibandingkan dengan jenis pipa logam, pipa PVC memiliki material yang bersifat anti karat dan mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau. 

Pertimbangan lain yang perlu diperhatikan ketika memilih jenis pipa adalah jenis sambungan pipa yang diperlukan ketika instalasi. Salah satu merek pipa terbaru yang layak Anda coba adalah pipa PVC Alderon. Selain berbagai kelebihan yang dimiliki, Alderon menawarkan berbagai jenis sambungan pipa resmi bagi Anda.

Saat melakukan konstruksi pipa saluran air, bagaimana jika menemukan area yang tidak beraturan (tidak selalu lurus)? Sambung pipa PVC Alderon Anda dengan sambungan pipa yang sesuai. Dengan begitu, saluran air akan terkonstruksi dengan baik. Pahami 5 jenis sambungan pipa PVC Alderon dan fungsinya berikut ini:

elbow pipa alderon fitting aw

  • Elbow

Untuk menyambungkan pipa pada area yang berbelok, gunakan jenis sambungan pipa Elbow. Bentuk pipanya yang melengkung pada suatu sudut dapat membantu Anda membentuk dan menyatukan pipa yang lurus dan mengubah aliran air. Terdapat 7 ukuran yang tersedia untuk sambungan Elbow 90 derajat Pipa Alderon yaitu ½”, ¾”, 1” untuk fitting AW dan 2”, 3”, 4”, 6” untuk fitting D.  

faucet elbow pipa alderon fitting aw

  • Faucet Elbow

Pada dasarnya, jenis sambungan pipa air ini memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan sambungan Elbow. Namun, jenis sambungan Faucet Elbow memiliki drat di bagian dalamnya. Anda dapat menggunakan Faucet Elbow untuk menyambungkan pipa dengan peralatan lain yang memiliki drat di bagian luarnya. Misalnya, menyambungkan pipa dengan keran air drat luar. Berbeda dengan jenis sambungan lain, Faucet Elbow Alderon hanya tersedia dalam ukuran 1/2” untuk fitting AW.

tee pipa alderon fitting aw

  • Tee

Jenis sambungan Tee atau Tee Stuck PVC merupakan jenis sambungan pipa pvc 3 arah dengan komponen yang berfungsi membagi aliran air ke dalam 2 arah. Jenis sambungan ini akan menyambungkan 3 pipa yang membentuk sebuah siku. Jika Anda ingin membagi pipa utama ke dalam 2 jalur (kanan dan kiri), maka jenis sambungan Tee adalah pilihan yang tepat. Terdapat 7 ukuran yang tersedia untuk sambungan Tee Alderon yaitu 1/2“, 3/4“, dan 1” untuk fitting AW dan ukuran 2 inch, 3 inch, 4 inch dan 6 inch untuk fitting D.  

socket pipa alderon fitting aw

  • Socket

Shock pipa PVC atau jenis sambungan pipa Socket dikenal sebagai sambungan utama pada pipa PVC yang banyak digunakan. Pipa Socket hanya dapat digunakan untuk menyambung dua pipa dengan jenis dan ukuran diameter yang sama. Anda dapat menggunakan sambungan ini jika perlu memperpanjang pipa PVC secara lurus. Terdapat 7 ukuran yang tersedia untuk sambungan Socket Alderon yaitu 1/2“, 3/4“, dan 1” untuk fitting AW dan ukuran 2 inch, 3 inch, 4 inch dan 6 inch untuk fitting D.  

reducer pipa alderon fitting aw

  • Reducer

Sama halnya dengan jenis sambungan Socket, jenis sambungan pipa Reducer diaplikasikan pada area sambungan lurus. Sesuai namanya, sambungan Reducer bertujuan untuk mengurangi aliran air pada saluran pipa. Sambungan Reducer membantu Anda mengurangi ukuran pipa pada bagian tertentu, sehingga tidak perlu mengurangi jumlah valvenya. 

Berbeda dengan sambungan Socket, jenis pipa yang disambung dengan Reducer memiliki jenis dan ukuran diameter yang berbeda. Ukuran yang tersedia untuk sambungan Reducer Alderon yaitu 3/4” x 1/2” dan 1” x 3/4” untuk fitting AW dan 4 x 3 untuk fitting D. 

 

Setelah mengetahui macam-macam sambungan pipa, selanjutnya Anda perlu memperhatikan ukuran sambungan pipa sebelum membeli. Pelajari tips menentukan ukuran untuk berbagai kebutuhan agar terhindar dari kesalahan. Pastikan Anda memilih sambungan pipa dengan ukuran diameter yang sesuai dengan ukuran diameter pipa. Salah memilih ukuran dapat menimbulkan resiko yang fatal untuk konstruksi sambungan pipa PVC Anda. 

merk pipa air alderon pipa pvc paralon

Mengapa pipa PVC Alderon? 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pipa PVC Alderon memiliki berbagai kelebihan, antara lain:

  • Anti karat & tahan lama
  • Proses pemasangan yang mudah dan cepat
  • Harga lebih ekonomis
  • Tidak mudah rusak
  • Air jernih & tidak berbau
  • Tidak mudah pecah dan luntur
  • Ramah lingkungan
  • Dapat didaur ulang
  • Dapat mereduksi pengaruh sinar UV
  • Mengacu pada JIS Standard Alderon

 

Demikian jenis-jenis sambungan pipa PVC yang umum digunakan. Semoga membantu Anda dalam menentukan jenis sambungan pipa yang tepat untuk konstruksi bangunan Anda. Jika mengaplikasikan produk pipa PVC Alderon, Anda juga dapat menggunakan jenis sambungan pipa resmi dari Alderon. 

Tertarik mengaplikasikan produk pipa PVC Alderon? Pastikan Anda melakukan pembelian di seluruh cabang resmi PT. Mulford Indonesia atau berbagai toko bangunan yang tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Informasi produk selengkapnya dapat Anda peroleh dengan mengisi inquiry form atau menghubungi 021 2188 2099/2001.

 

pipa pvc upvc alderon sambungan pipa lengkap kualitas tanpa batas

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com