Kenali 7 Jenis Pipa Yang Cocok Untuk Saluran Air Bersih

jenis pipa air bersih pipa upvc pvc alderon

Kenali 7 Jenis Pipa Yang Cocok Untuk Saluran Air Bersih

Share this article:

Pipa air merupakan salah satu unsur penting dalam membangun sebuah hunian. Rumah yang layak huni tidak hanya dilihat dari desain fisiknya saja, melainkan juga sistem saluran air yang baik dan jenis pipa air. Tatanan sistem saluran air umumnya terdiri dari dua sistem fungsional, yaitu saluran pembawa air bersih dan saluran pembuangan limbah. 

Nah, ternyata ada beragam jenis pipa air yang perlu Anda kenali. Sudahkah Anda mengetahui jenis pipa untuk saluran air bersih? Sebelum menentukan pilihan pipa yang tepat untuk saluran air, yuk simak artikel berikut ini!

 

  • Pipa PVC

Jenis pipa PVC sudah sangat populer digunakan untuk keperluan rumah tangga dan dapat dikatakan sebagai pipa air serbaguna. Selain berfungsi sebagai saluran air buangan, pipa PVC dapat dimanfaatkan sebagai saluran air bersih. Sekalipun mengandung bahan plasticizer, pipa PVC dipercaya tidak membahayakan kesehatan. Menggunakan pipa PVC dapat membantu Anda mengurangi biaya pengeluaran karena proses instalasi yang mudah.

Bagi Anda yang ingin menggunakan pipa PVC, Anda dapat menemukannya secara mudah di berbagai toko bangunan dengan harga yang relatif terjangkau. Namun, perlu diingat bahwa pipa PVC tidak dapat terpapar langsung oleh sinar matahari. Diperlukan cat khusus untuk melapisi pipa.

 

 

  • Pipa CPVC

Pipa CPVC (Chlorinated Polyvinyl Chloride) termasuk salah satu pengembangan dari jenis pipa PVC. Perbedaannya ada pada ketebalannya, dimana ukuran pipa CPVC lebih tebal. Salah satu keunggulan pipa CPVC adalah ketahanannya terhadap perubahan suhu, hingga 180oC. Jenis pipa ini cocok digunakan untuk Anda yang memerlukan saluran air panas dan dingin. 

 

 

  • Pipa uPVC

Selain pipa PVC, jenis pipa plastik lain yang dapat Anda gunakan adalah pipa uPVC. Berbeda dengan pipa PVC, jenis pipa uPVC tidak mengandung plasticizer, sehingga lebih aman digunakan dan ramah lingkungan. Salah satu inovasi terbaru untuk jenis ini adalah merk pipa air Alderon Pipa. Tidak seperti merk pipa air berbahan uPVC lainnya, Alderon pipa memiliki daya tahan sangat baik, tidak mudah pecah dan luntur. Jenis sambungan pipa yang ditawarkan cukup beragam.

Menggunakan merk pipa air Alderon Pipa uPVC juga memungkinkan Anda untuk memenuhi kebutuhan saluran air di luar ruangan tanpa rasa khawatir, sekalipun terpapar langsung oleh sinar matahari, karena Alderon Pipa dapat mereduksi pengaruh sinar UV.

 

Dapatkan harga terbaru Alderon Pipa uPVC disini.

 

 

  • Pipa Tembaga

Dibandingkan dengan jenis pipa sebelumnya, jenis pipa tembaga memiliki harga yang relatif lebih mahal. Akan tetapi, ketahanannya terhadap karat dan bakteri membuat pipa tembaga banyak digunakan untuk proyek instalasi air bersih. Pipa ini memiliki bentuk yang beragam seperti spiral, gulungan, atau batangan panjang. 

Tidak hanya itu, fleksibilitas pipa tembaga tidak perlu diragukan lagi. Anda tidak membutuhkan terlalu banyak sambungan dan pengencang untuk mengaplikasikan pipa tembaga. Umumnya untuk kebutuhan hunian, pipa tembaga digunakan sebagai saluran air pada kulkas atau AC.

 

 

  • Pipa PP-R

Jenis pipa PP-R (Polypropylene-random) tersusun atas material plastik yang berasal dari minyak bumi. Sama halnya dengan pipa CPVC, jenis pipa PP-R mampu bertahan pada perubahan suhu panas dan dingin. Anda bahkan dapat melengkapi sistem saluran air untuk kebutuhan konsumsi menggunakan pipa PP-R ini.

Karakteristik unik lain dari jenis pipa ini adalah ketahanannya terhadap gempa, anti abrasi, fleksibel, namun memiliki struktur yang ringan. Penggunaan pipa PP-R dapat menjadi alternatif pengganti pipa logam yang bersifat korosif.

 

 

  • Pipa Galvanis

Berbeda dengan jenis pipa yang sudah dibahas sebelumnya, jenis pipa galvanis dilapisi oleh baja, dengan material utama besi seng. Dilihat dari segi instalasi, pipa galvanis memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Anda perlu memerhatikan akurasinya saat proses pemotongan.

Bagi Anda yang ingin meletakkan pipa galvanis di dalam tanah, dianjurkan untuk melengkapinya dengan pengaman. Sebelum membeli pipa galvanis, perlu diperhatikan bahwa Anda tidak dapat menggunakannya sebagai saluran air panas. Hal ini dapat membuat lapisan seng pada pipa mengelupas.

 

 

  • Pipa HDPE

Kembali ke jenis pipa plastik, terdapat pipa HDPE (High Density Polyethylene) yang merupakan jenis pipa plastik tidak beracun. Oleh sebab itu pipa ini cocok digunakan sebagai saluran air bersih, terlebih untuk konsumsi kebutuhan rumah tangga. Sifatnya sangat elastis dan kuat. Anda dapat menggunakan jenis pipa HDPE bahkan pada hunian yang terletak di daerah dengan kondisi geografis yang tidak stabil.

 

Demikian 7 jenis pipa yang dapat digunakan sebagai saluran air bersih. Semoga dapat memberikan inspirasi dan referensi bagi Anda yang sedang memilih pipa yang tepat. Pastikan Anda mengenali kebutuhan Anda sebelum menentukan jenis pipa yang cocok.

Tertarik untuk mengaplikasikan Alderon Pipa untuk kebutuhan hunian? Anda dapat memperoleh Alderon Pipa beserta sambungan pipa di seluruh cabang resmi PT. Mulford Indonesia atau toko bangunan yang ada di berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat mengajukan pertanyaan dengan mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2001/2099.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com