Instalasi Pipa Air dari Toren yang Baik dan Benar

ilustrasi instalasi pipa air dari toren

Instalasi Pipa Air dari Toren yang Baik dan Benar

Share this article:

Penerapan instalasi pipa air dari toren secara baik dan benar, akan sangat mendukung sistem sanitasi di rumah. Contohnya untuk mengalirkan air di kamar mandi, tempat kolam ikan, kolam renang, mesin cuci, dan kebutuhan lainnya.

Tak hanya kebutuhan tersebut, aliran air yang lancar dan deras akan membantu berbagai kegiatan sehari-hari, seperti menyiram tanaman atau untuk mengisi toren (tandon) yang posisinya lebih tinggi di atap rumah. 

Nah, tak perlu bingung, di artikel berikut kita akan membahas tentang instalasi pipa air dari toren yang baik dan benar. Simak terus ulasannya, ya!

Penempatan Lokasi Instalasi Pipa Air Dari Toren

ilustrasi instalasi pipa air dari toren
Ilustrasi Instalasi Pipa Air dari Toren

Umumnya, toren ditempatkan berada di ketinggian antara 2-7 meter. Hal ini bertujuan agar mendukung tekanan yang lebih deras dan aliran lancar. Terutama untuk mengalirkan air ke kran yang membutuhkan tekanan tinggi. 

Akan tetapi, perlu dipertimbangkan juga beban toren atau tandon yang cukup besar. Rata-rata 1 ton untuk kapasitas 1.000 liter. Oleh sebab itu, bila penempatan instalasi pipa air dari toren sampai keliru, maka air berisiko tumpah dan hanya terbuang sia-sia. 

Sebisa mungkin, rangka penopang toren harus terbuat dari besi atau beton bertulang. Selain itu, alas atau tempat tandon atau toren tidak direkomendasikan berada di tempat yang ramai untuk menghindari risiko tertimpa orang. Usahakan alas toren lebih lebar dibandingkan diameter toren dan berada di lokasi yang datar dan stabil. 

Kapasitas Toren

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kapasitas toren. Sebagai contoh, Anda memakai toren berkapasitas 1.000 liter dan 700 liter. Meskipun, keduanya sama-sama terdapat lubang 3,4 inci di bagian bawah, akan tetapi kapasitas toren 1.000 liter yang akan mengeluarkan air paling deras. 

Bukan hanya itu, jika instalasi pipa air dari toren semakin luas ukurannya, daya tampung air juga lebih besar. Karena itu, tekanannya bertambah besar dan alirannya lebih deras ketimbang memakai pipa kecil. 

Pilihan Ukuran Pipa Alderon

Untuk mendukung instalasi pipa air dari toren yang deras dan alirannya lancar, Anda bisa menggunakan Pipa Alderon yang menyediakan berbagai ukuran pipa toren air yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.  

Berikut adalah beberapa pilihan ukuran pipa  PVC Alderon: 

Ukuran Pipa PVC Alderon : Pipa Kelas AW

Ukuran Pipa PVC Alderon : Pipa Kelas D

Pilihan Sambungan Pipa Alderon

Berikutnya, ketika membuat instalasi pipa air dari toren, kita juga perlu mempertimbangkan beberapa jenis sambungan. Sebab, umumnya akan terdapat sambungan pipa PVC yang berbentuk siku atau tidak selalu lurus. 

jenis sambungan pipa pvc upvc alderon elbow socket tee reducer faucet elbow

Itulah mengapa, instalasi pipa air dari toren perlu dipikirkan dan dirancang dengan baik. Berikut adalah beberapa jenis sambungan pipa PVC Alderon berdasarkan kegunaannya: 

  • Elbow

Sambungan pipa toren Elbow berbentuk melengkung untuk membantu menyatukan pipa dan mengubah jalur pipa toren air. Tersedia beberapa pilihan sambungan pipa toren Elbow, antara lain: ½”, ¾”, 1” (fitting AW) dan 2”, 3”, 4”, 6” (fitting D).  

  • Faucet Elbow

Faucet Elbow dapat dipakai bila sambungan pipa terdapat drat atau alur-alur seperti sekrup di sisi luarnya. Sambungan Faucet Elbow Alderon dapat dijumpai dalam ukuran 1/2” (fitting AW).

  • Tee

Sekarang, sambungan pipa toren berikutnya adalah Tee atau Tee Stuck. Dengan pipa Tee, kita bisa mengubah aliran air ke 2 arah. Terdiri dari ukuran jenis Tee Alderon yaitu 1/2“, 3/4“, dan 1” ( fitting AW). Serta, tersedia fitting D dengan ukuran 2 –  6 inci.   

  • Socket

Berikutnya jenis Socket adalah sambungan pipa toren yang umum dipakai. Fungsinya untuk menyambung dua pipa berukuran sama agar pipa PVC lebih panjang dan lurus. Socket dipasarkan dalam fitting AW ukuran 1/2“, 3/4“, dan 1”. Sedangkan, fitting D tersedia dalam ukuran 2 – 6 inci.  

  • Reducer

Untuk membuat instalasi pipa air dari toren yang lurus, Anda bisa memakai sambungan pipa toren Reducer. Fungsi dari Reducer adalah meminimalisir aliran air. Sehingga, ukuran pipa toren air pada sambungan tertentu bisa dikurangi, tanpa mengurangi jumlah valve pipa. Terdapat dua jenis Reducer yang bisa digunakan, antara lain: fitting AW (3/4” x 1/2” dan 1” x 3/4” ) dan fitting D (4 x 3). 

Demikianlah pembahasan mengenai instalasi pipa air dari toren agar mengalir kencang dan deras. Untuk mempermudah instalasi pipa air dari toren di rumah Anda, gunakan ukuran pipa toren air yang tepat dari Alderon. 

Jika Anda tertarik menggunakan Pipa Alderon atau ada pertanyaan terkait instalasi pipa air yang benar, silakan mengisi Formulir Online atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001 atau email ke cs@impack-pratama.com.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com