Cara Instalasi Pipa Air yang Baik dan Benar

cara instalasi pipa air yang baik dan benar

Cara Instalasi Pipa Air yang Baik dan Benar

Share this article:

Dalam suatu konstruksi bangunan, seringkali hal utama yang diperhatikan adalah area tertentu yang tampak dari luar. Namun, elemen lain perlu diperhitungkan dengan tepat untuk mendukung kegiatan yang berlangsung di dalamnya. Salah satunya adalah plumbing atau sistem perpipaan. Instalasi pipa air yang benar untuk sistem perpipaan perlu memperhatikan standarisasi produk dengan baik mulai dari fungsi, konstruksi, serta keselamatannya.

Jenis dan spesifikasi pipa saat ini sangat variatif, salah satunya untuk kebutuhan rumah tangga. Jenis pipa PVC adalah pilihan masyarakat yang cukup populer untuk digunakan dalam rumah tangga. Jika Anda mencari pipa PVC ekonomis dengan kualitas terbaik, Pipa Alderon adalah solusi yang tepat. Meskipun demikian, kualitas dan performa pipa dipengaruhi oleh sistem yang terkonstruksi dengan baik. Yuk, simak tips dan peralatan yang dibutuhkan dalam instalasi pipa!

 

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Instalasi Pipa Air?

Untuk melakukan cara memasang pipa air yang tepat, sebelum Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan untuk mempermudah proses instalasi. 6 hal di bawah ini sangat umum digunakan dalam instalasi pipa:

 

  • Alat Pemotong Pipa

Saat membeli pipa PVC, Anda akan memperoleh pipa dengan ukuran panjang yang telah disediakan oleh toko. Pipa Alderon sendiri menawarkan ukuran panjang yang beragam mulai dari 2,9 meter hingga 5,8 meter. Oleh karena itu Anda membutuhkan gergaji atau alat pemotong lain untuk menyesuaikan panjang pipa dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda telah memperhitungkan secara presisi untuk hasil pemotongan yang rapi.

 

  • Pembersih Pipa

Pembersih pipa yang tersedia di pasaran umumnya berbentuk cairan thinner atau aseton. Anda dapat memilih cairan pembersih pipa dengan merk apapun sesuai kebutuhan Anda. Pipa yang telah dibersihkan akan tampak lebih bersih dan performa pipa tetap terjaga.

 

  • Amplas dan Kain Bersih

Tidak hanya membersihkan pipa menggunakan cairan pembersih, Anda perlu melakukan tahap pembersihan lain. Gunakan amplas untuk menggosok ujung pipa sebanyak 3 sampai 5 kali sampai pipa terlihat bersih dan halus. Setelah itu, gunakan kain bersih untuk menghilangkan sisa debu dan kotoran pada permukaan pipa. Dengan begitu kotoran yang menempel sebelumnya tidak akan mengganggu proses pemasangan dan mengakibatkan penyumbatan. 

 

oci s100 pvc solvent cement lem pipa terbaik kualitas internasional
OCI S100 PVC Solvent Cement Lem Pipa Terbaik Kualitas Internasional
  • Lem Pipa PVC

Untuk menyambungkan beberapa pipa PVC, Anda tentu tidak boleh memilih jenis lem secara sembarangan. Ada lem khusus yang disediakan untuk kebutuhan instalasi pipa PVC. Salah satu lem pipa PVC yang direkomendasikan adalah OCI S100 PVC Solvent Cement. Lem pipa OCI memiliki daya rekat yang sangat tinggi, sehingga mencegah terjadinya kebocoran. 

 

  • Kuas Cat

Fungsi kuas pada instalasi pipa air sama halnya dengan fungsi kuas pada umumnya. Hal ini tentu saja dibutuhkan jika Anda perlu melakukan sambungan pada pipa. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan merk kuas apa pun untuk mengoleskan lem pada pipa. Namun ingat, pilihlah jenis dan ukuran kuas yang sesuai dengan ukuran diameter pipa PVC dan sambungan pipa PVC yang digunakan. Lem Pipa PVC OCI S100 sudah dilengkapi dengan kuas, sehingga memudahkan Anda dalam proses penyambungan pipa.

 

  • Fitting atau Sambungan Pipa

Jika rancangan sistem perpipaan Anda memiliki beberapa area yang tidak beraturan atau tidak lurus, maka Anda membutuhkan sambungan atau fitting untuk melengkapi. Namun, jangan sampai sembarangan memilih fitting untuk sambungan pipa Anda. Pahami fitting pipa utama yang digunakan. Tidak semua jenis sambungan pipa tersedia dalam fitting AW dan D. 

jenis sambungan pipa pvc upvc alderon elbow socket tee reducer faucet elbow
Sambungan Pipa Alderon

Pada produk Pipa Alderon, terdapat 5 jenis sambungan yang dapat Anda gunakan. Ukuran yang tersedia bervariasi mulai dari ½”-1” untuk fitting AW dan 2”-6” untuk fitting D. Pastikan Anda memilih jenis sambungan yang tepat untuk kebutuhan Anda, agar saluran air terkonstruksi dengan baik.

Seluruh peralatan tersebut digunakan dalam proses instalasi pipa seperti air bersih, instalasi pipa air kotor, instalasi pipa kamar mandi, dan area instalasi lainnya. Mulailah proses pemasangan pipa PVC Anda dengan mempersiapkan 5 hal tersebut ya!

 

Tips Memasang Pipa Air 

  • Tentukan Sumber Air

Ketahui sumber air yang ingin Anda gunakan sebelum membuat rancangan dan memasang pipa air. Umumnya, untuk kebutuhan air bersih sebuah bangunan dapat menggunakan jaringan PAM dan air tanah. Setelah menentukan sumber air yang ingin digunakan, barulah Anda dapat menentukan jenis dan ukuran pipa yang dibutuhkan. Menggunakan sumber air tanah akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk memodifikasi ukuran pipa. 

 

  • Letak Sistem Pipa

Spesifikasi teknis pemasangan pipa air bersih maupun kebutuhan pipa lainnya dapat dilakukan dengan 2 metode. Anda dapat menggunakan instalasi tertanam atau menempel. Tentu saja keduanya memiliki hasil yang berbeda secara visual, karena instalasi menempel akan lebih tampak dibandingkan instalasi tertanam yang meletakkan pipa di dalam tanah atau dinding. 

 

  • Model Konstruksi Pipa

Selain letaknya, Anda juga dapat menentukan model untuk sistem pemasangan pipa air bersih. Pahami kondisi lingkungan dan ketersediaan anggaran Anda sebelum menentukan pilihan. Model instalasi dengan sistem tertutup umumnya ditemukan pada area yang membutuhkan tekanan air lebih kuat, karena seluruh pipa tersambung tanpa ada bagian yang terputus.

Sementara itu, instalasi dengan sistem terbuka memerlukan perencanaan yang lebih teliti untuk menghindari terjadinya aliran debit air yang tidak merata dan timbulnya gangguan lain pada distribusi air di titik tertentu jalur pipa. 

 

  • Material Pipa

Jenis material pipa di pasaran sangat beragam. Anda tidak hanya menemukan pipa PVC atau uPVC, melainkan juga pipa dengan material tembaga, galvanis hingga HDPE. Masing-masing produk memiliki fungsi dan membutuhkan jumlah biaya yang berbeda mulai dari pembelian hingga pemasangan. Pelajari karakteristik dari masing-masing jenis pipa air, sehingga Anda dapat memperkirakan harga pemasangan pipa air yang dibutuhkan. 

 

Umumnya terdapat 7 jenis pipa yang dapat diaplikasikan untuk kebutuhan air bersih dan kebutuhan sehari-hari. Namun, pipa jenis PVC dan uPVC lah yang paling direkomendasikan karena keduanya terbuat dari bahan dasar Polivinyl Chloride. Sekalipun mengandung plasticizer, material PVC dikenal aman serta jauh dari kandungan zat yang dapat mengkontaminasi air dan membahayakan kesehatan Anda.

Demikian penjelasan dan tips seputar instalasi pipa air. Jika tertarik untuk menggunakan Pipa Alderon atau ingin mengetahui informasi seputar pemasangan pipa Alderon, silahkan mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com