Cara Memperbaiki Pipa Air yang Bocor

14
April

Cara Memperbaiki Pipa Air yang Bocor

Share this article:

Air adalah salah satu sumber daya alam yang sangat penting dan dibutuhkan di dalam kehidupan manusia. Selain untuk minum, air juga sangat dibutuhkan di dalam keperluan rumah tangga, seperti memasak, mencuci, mandi, dan banyak pekerjaan lainnya.

Oleh karena itu, saluran air di dalam sebuah rumah mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Sistem air dan pipa dalam rumah harus diperhatikan dan dirawat dengan baik agar terhindar dari kerusakan atau kebocoran. Pipa bocor / rusak dapat menyebabkan aktivitas kita sehari-hari menjadi terhambat.

Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda mengetahui apa yang dapat menyebabkan pipa bocor / rusak di kediaman Anda. Dengan begitu Anda dapat lebih waspada dan menghindari adanya kebocoran pipa di kemudian hari. Mari kita simak bersama, apa saja sih yang menjadi penyebab mudah terjadinya kebocoran pada pipa.

 

Penyebab Kebocoran Pipa Berkarat & Tersumbat
Penyebab Kebocoran Pipa Berkarat & Tersumbat

Penyebab Kebocoran pada Pipa

  1.       Korosi

Proses korosi yang terjadi pada pipa dapat menjadi penyebab terjadinya kebocoran dan kerusakan pada pipa. Hal ini tidak dapat dihindari, terutama jika pipa sudah digunakan bertahun-tahun lamanya dan tidak pernah diganti. Sayangnya, proses korosi pada pipa tidak dapat terdeteksi dengan mudah.

Pengikisan pada pipa terjadi secara bertahap, sehingga lama kelamaan akan membuat pipa berlubang yang berujung terjadinya kebocoran. Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada air juga menjadi penyebab terjadinya korosi pada pipa.

  1.       Penyumbatan

Faktor berikutnya yang dapat menyebabkan kebocoran adalah pipa saluran air tersumbat. Penyebab saluran air tersumbat biasanya dikarenakan adanya sisa makanan atau minyak dari peralatan makan atau memasak. Anda harus rutin membersihkan saluran air agar terhindar dari benda-benda rawan yang dapat menyumbat saluran air. 

  1.       Tekanan Air Tinggi

Tekanan air yang tinggi juga dapat menyebabkan pipa bocor. Semakin tinggi tekanan air di rumah Anda, semakin besar pula tekanan yang akan diterima oleh dinding pipa. Sehingga menyebabkan keretakan yang berujung terjadinya kebocoran pada pipa. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan pipa yang digunakan dengan tekanan air yang dibutuhkan di hunian Anda. 

  1.       Jenis Pipa

Pastikan Anda memilih pipa berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan memilih pipa dengan harga yang terlalu murah, khususnya untuk pipa yang dipasang di balik tembok. Karena biasanya pipa dengan harga yang murah mempunyai kualitas yang kurang baik.

Untuk instalasi pipa yang berada di luar tembok, tidak menjadi masalah untuk membeli dengan harga yang murah, karena mudah dipantau dan dideteksi langsung apabila terjadi kebocoran. Untuk jenis pipa yang berkualitas, produk Alderon tidak perlu diragukan lagi.

Pipa Alderon memiliki banyak keunggulan dibandingkan produk lainnya, yaitu tidak mudah pecah dan luntur, ramah lingkungan, dapat didaur ulang, dapat mereduksi pengaruh sinar UV, dan lainnya. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk ini, silahkan klik link berikut ini https://www.alderon.co.id/id/produk/alderon-pipa/.

 

Baca juga:  Sebelum Membeli, Kenali 3 Tipe Alderon Ini

Cara Mendeteksi Pipa Bocor dan Solusi Perbaikannya

Untuk mendeteksi apakah ada kebocoran pipa di hunian Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menutup seluruh saluran air di rumah Anda, setelah itu amati meteran air. Apabila jarum pada meteran air masih terus berputar, itu berarti ada kebocoran pada instalasi air rumah Anda.

Kerusakan mungkin bisa terjadi pada sistem perpipaan, kran air atau kloset. Jika menggunakan pompa bertekanan, maka amati kerja pompa. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mencari titik kebocoran pada pipa. Jika instalasi dipasang lewat bagian atap atau dinding rumah, maka mudah untuk mendeteksinya.

Anda tinggal melihat titik-titik mana saja yang terdapat rembesan air pada tembok atau atap rumah. Lain halnya apabila instalasi pipa ditanam pada bagian dasar / di lantai. Rembesan air akan langsung merembes ke dalam tanah, sehingga tidak akan nampak pada lantai.

Setelah menemukan titik kebocoran, Anda bisa langsung memperbaikinya. Sebelum memperbaikinya, perhatikan terlebih dahulu bagaimana kondisi kebocoran pipa tersebut, apakah perlu diganti atau cukup hanya ditambal saja. Jika lubangnya hanya sedikit, maka Anda tinggal menambal pipa bocor tersebut.

Tapi jika lubangnya cukup besar, maka pipa harus dipotong dan disambungkan dengan sambungan pipa yang baru. Penyambungan pipa harus dilakukan dengan tepat dengan menggunakan perekat yang berkualitas. Perekat pipa bocor yang berkualitas tersebut adalah produk lem pipa OCI S-100.

 

lem pipa anti bocor oci s100
Lem Pipa Anti Bocor OCI S-100

OCI S-100

Produk yang satu ini adalah perekat pipa dengan viskositas rendah serta mempunyai warna yang bening cerah. Lem untuk pipa bocor ini akan dengan cepat merekat sempurna saat diaplikasikan pada pipa. OCI S-100 lebih ekonomis 15% karena memiliki tekstur yang lebih cair sehingga lebih irit pemakaiannya.

Produk ini dapat mulai diaplikasikan ke pipa dalam waktu 3 menit saja. Selain itu, lem ini juga tahan air karena berbahan dasar air dan hanya butuh waktu 1 menit untuk pengeringannya. Untuk info lebih lengkapnya, Anda dapat membuka link ini https://www.impack-pratama.com/s100-pvc-solvent/.

Bagaimana? Apakah sudah cukup jelas penjelasan di atas? Dengan produk OCI S-100 pipa bocor di rumah Anda dapat teratasi dengan baik. Apabila kerusakan / kebocoran yang terjadi cukup serius, ada baiknya Anda memanggil jasa perbaikan pipa bocor untuk memperbaikinya.

Apabila Anda tertarik, jangan lupa untuk mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001 untuk mengajukan pertanyaan atau pemesanan.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email export-marketing@impack-pratama.com