Apa Itu Atap Translucent? Simak Penjelasannya Disini

kanopi minimalis translucent semi transparan alderon twinwall

Apa Itu Atap Translucent? Simak Penjelasannya Disini

Share this article:

Pernahkah Anda mendengar istilah atap translucent? Umumnya, atap jenis translucent atau atap semi transparan banyak dipakai di seluruh dunia dengan konsep pencahayaan alami. Di siang hari, rumah dengan atap translucent atau atap semi transparan tak perlu menyalakan lampu. Sehingga, mengurangi tagihan listrik pemilik bangunan. 

Karena itu, Alderon menghadirkan salah satu produk atap semi transparan, Alderon Twinwall. Produk atap Twinwall memiliki keunggulan pembiasan cahaya yang lebih bagus ketimbang atap pembias cahaya lainnya. 

Twinwall dirancang dengan formula spesialUV yang mempertahankan intensitas pembiasan cahaya agar tetap sejuk, mampu meredam panas, dan warna atap tidak cepat memudar. Sebelum memutuskan memakai atap semi transparan, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Atap Translucent?

Atap translucent adalah atap semi transparan seperti Alderon Twinwall. Alderon Twinwall memiliki dua jenis atap, yaitu varian semi transparan yang dapat membiaskan cahaya dan varian matte/solid/tidak transparan yang tidak dapat membiaskan cahaya. Jadi, apakah Alderon memiliki varian transparan? Jawabannya adalah tidak. Alderon Twinwall hanya memiliki varian semi transparan dan tidak transparan. Keduanya masing-masing memiliki dua varian warna putih dan biru yang dilengkapi stabilizer berwarna pekat untuk varian matte.

Alderon Translucent Semi Transparan bening
Alderon Translucent – Semi Transparan

Stabilizer atap semi transparan berfungsi untuk menghalau panas sehingga ruang tetap sejuk dan tidak transparan. Hal ini karena atap Alderon hanya menyerap sekitar 20% cahaya saja, dan selebihnya cahaya dihalau untuk menciptakan ruangan yang lebih adem dan nyaman di bawah atap translucent.

Keuntungan Menggunakan Atap Translucent

Banyak orang menggunakan atap translucent untuk membuat ruangan lebih terang dan menghemat pemakaian listrik. Namun, ada beberapa keuntungan lain dari atap semi transparan. Berikut di antaranya: 

  • Sejuk dan nyaman

Seperti yang diketahui, cahaya alami dari sinar matahari dapat mematikan kuman, bakteri, jamur, bahkan virus tertentu. Hal ini sangat mendukung kesehatan keluarga tercinta. 

Ruangan yang cukup mendapatkan cahaya matahari, akan terasa lebih sejuk, nyaman, dan tidak lembab.

  • Ruangan terlihat lebih lega

Kenyamanan ruangan bisa langsung terasa ketika mendapatkan cahaya alami. Atap semi transparan membuat ruangan di bawahnya terlihat lebih luas, lapang, dan secara estetika tampak lebih cantik. 

Bila dibandingkan pencahayaan lampu biasa, sinar matahari memiliki efek intensitas cahaya yang natural. 

  • Pemasangan mudah

Alderon Twinwall memiliki keuntungan pemasangan yang mudah. Bahkan, dapat dipotong sesuai kebutuhan memakai alat sederhana, seperti jigsaw atau gergaji mesin. Meski begitu, Anda bisa menggunakan tenaga ahli agar hasilnya lebih maksimal dan presisi. 

Selain itu, atap translucent dapat dipasang dengan sekrup ulir Alderon Weather Seal dan nok Alderon untuk mencegah atap bocor ketika hujan.

  • Warna atap tahan lama

Dilengkapi formula UV, atap semi transparan Alderon Twinwall akan menjaga keindahan warna bagian atas uPVC bertahan dalam jangka waktu lama. Sangat ideal diterapkan sebagai atap bangunan industri, pabrik, gedung komersial, maupun hunian pribadi Anda

Daftar Tempat yang Cocok menggunakan Alderon Translucent

Bergantung pada fungsi bangunan, atap Alderon translucent atau atap semi transparan sangat cocok diterapkan. Misalnya, untuk atap skylight, area jemuran, gudang, pabrik, bangunan industri, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa daftar tempat yang cocok memakai atap Alderon Translucent:

  • Gudang

Atap Alderon Proyek Aplikasi Gudang
Atap Alderon Kombinasi Semi Transparan pada Proyek Aplikasi Gudang

Gudang sebagai tempat penyimpanan dan aktivitas logistik, sangat cocok menggunakan atap semi transparan seperti Alderon Translucent. Sebab, konstruksi atap Alderon yang semi transparan pada atap gudang memberikan pencahayaan alami untuk menghemat energi listrik.

Selain itu, atap Alderon translucent juga tahan api, mudah dibersihkan, mudah dipasang, serta dapat didaur ulang. 

  • Pabrik

atap pabrik upvc alderon twinwall translucent semi transparan

Atap Alderon translucent juga ideal dipasang untuk bangunan industri seperti pabrik. Pekerja atau karyawan yang beraktivitas tidak perlu menyalakan lampu di siang hari, karena kebutuhan cahaya telah terpenuhi. 

Atap semi transparan Alderon juga dapat meredam panas dengan stabilizer yang menghalau gerah atau suhu tinggi dari ruangan karyawan. 

  • Lapangan olahraga indoor

atap alderon translucent semi transparan di gor lapangan olahraga indoor
Atap Alderon Translucent di GOR

Tempat lain yang cocok memakai atap translucent adalah lapangan olahraga indoor, seperti lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, dan lainnya. 

Pencahayaan alami di siang hari dapat menghemat biaya operasional pemilik bisnis persewaan arena olahraga. Sekaligus, membantu pemain di lapangan bisa bermain dengan penerangan yang alami. 

  • Peternakan

atap dingin kandang ayam manado menggunakan Aldron RS
Atap Dingin Kandang Ayam Manado menggunakan Alderon RS

Selain pabrik, atap translucent dapat dipakai untuk kandang atau bangunan peternakan hewan. Pencahayaan alami membuat bangunan terasa lebih hangat, nyaman, dan membantu mematikan kuman, jamur,  atau bakteri secara alami. 

  • Skylight bangunan

model atap rumah miring skylight transparan alderon pada gereja
Alderon Translucent Berfungsi sebagai Atap Skylight

Di samping bangunan komersil, tentunya Anda bisa menambahkan atap semi transparan untuk skylight dalam bangunan. Selain membuat ruangan tampak lebih terang, hunian menjadi lebih estetik, tidak lembab, dan hemat energi. 

  • Area jemuran

atap alderon semi translucent sebagai atap rooftop ruang jemuran
Atap Rooftop Ruang Jemuran menggunakan Alderon Semi Transparan

Rekomendasi terbaik atap jemuran adalah atap translucent. Membuat cucian lebih cepat kering, namun tidak repot mengangkat jemuran ketika hujan. Pakaian kering sempurna, bebas kuman, dan bebas apek. 

Nah, demikian pembahasan kita mengenai Alderon translucent sebagai rekomendasi atap semi transparan terbaik bagi bangunan komersial maupun hunian pribadi Anda. Mari hubungi tim marketing Alderon melalui 021 2188 2099/2001 atau cs@impack-pratama.com untuk pertanyaan maupun untuk mendapatkan penawaran terbaik hari ini! Anda juga dapat melengkapi formulir online, tim kami akan segera menghubungi Anda.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com