Cara Meredam Suara Bising pada Hunian

atap alderon anti bising peredam suara ruangan

Cara Meredam Suara Bising pada Hunian

Share this article:

Kenyamanan adalah unsur utama yang harus Anda perhatikan ketika hendak membangun sebuah hunian. Terlebih jika hunian Anda berada pada lokasi yang dekat dengan jalan raya, pabrik, atau daerah lain yang rawan kebisingan. 

Rupanya, desain tata akustik tidak hanya dibutuhkan pada bangunan seperti studio musik atau gedung pertunjukan. Lalu, apa peredam suara ruangan terbaik untuk hunian Anda? Beberapa hal ini akan membantu Anda menciptakan hunian yang menarik tanpa khawatir akan bisingnya lingkungan sekitar. 

 

 

  • Desain Pagar

Hunian dengan desain pagar yang tinggi membantu meredam kebisingan dari luar, seperti kendaraan bermotor yang melintas. Anda dapat mengatur ketinggian pagar mulai dari 2 hingga 4 meter. Perhatikan juga material yang tepat untuk digunakan sebagai pagar rumah. Beberapa yang cukup populer adalah material kayu, beton, dan batu alam. Namun, Anda juga bisa menggunakan material lain.

 

cara meredam suara ruangan perhatikan sistem vegetasi
Cara Meredam Suara Ruangan – Perhatikan Sistem Vegetasi
  • Perhatikan Sistem Vegetasi

Sebelum membangun hunian, pastikan Anda telah membuat sistem vegetasi yang baik. Menanam berbagai pepohonan dan tanaman yang rindang tidak hanya memperbaiki sirkulasi udara dalam hunian, tetapi juga mengurangi kebisingan. Tanaman berdaun lebat dan memiliki banyak batang mampu mengurangi tingkat kebisingan. Anda dapat meletakkan tanaman berukuran besar di halaman depan hunian untuk fungsi peredam suara yang lebih baik atau menggunakan beberapa jenis tanaman rambat.

 

 

  • Gunakan Karpet atau Tirai

Alternatif lain dapat Anda lakukan dengan menambahkan karpet dan tirai pada hunian. Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengurangi kebisingan sekaligus memperindah dekorasi ruangan dalam hunian. Karpet dapat diletakkan secara bertumpuk, sementara tirai diberi lapisan ganda. Tentunya Anda dapat memilih desain karpet dan tirai sesuai selera Anda. 

 

cara meredam suara ruangan perhatikan sistem ventilasi
Cara Meredam Suara Ruangan – Perhatikan Sistem Ventilasi
  • Perhatikan Sistem Ventilasi

Ventilasi mempermudah gelombang suara untuk masuk ke dalam hunian. Tatanan ventilasi atau bukaan pada hunian perlu diatur dengan baik agar tidak menimbulkan suasana bising. Anda dapat menghindari posisi jendela atau ventilasi besar lain yang menghadap langsung ke jalan raya. 

 

 

  • Menggunakan Peredam Suara Ruangan

Alternatif lain yang dapat Anda lakukan adalah mengaplikasikan lapisan peredam suara ruangan. Ini cukup mudah dilakukan, karena Anda dapat memperoleh lapisan peredam suara di berbagai toko bangunan. Bentuknya serupa dengan selotip, sehingga aplikasinya sangat mudah. Umumnya, lapisan peredam suara dipasang pada celah ventilasi atau jendela. 

Namun, tahukah Anda bahwa lapisan peredam suara juga dapat diaplikasikan pada atap? Peredam suara berbentuk lembaran dan terdiri dari dua lapis. Celah antar lapisan itulah yang membantu mengurangi kebisingan pada hunian. Pastikan Anda memasangnya dengan benar untuk mengoptimalkan fungsi peredam suara ruangan.

 

pakai atap alderon untuk meredam suara ruangan
Cara Meredam Suara Ruangan – Pilih Atap yang Tepat
  • Pilih Material Atap Yang Tepat

Alih-alih menggunakan lapisan peredam suara pada atap atau melakukan tindakan perbaikan lainnya, akan lebih baik jika Anda menentukan material atap rumah yang tepat sejak awal. Jenis atap seperti metal, seng, asbes tentu lebih beresiko menimbulkan kebisingan. Oleh sebab itu, jenis atap uPVC kini menjadi pilihan nomor satu bahan untuk atap rumah sebagai atap minimalis yang kekinian dan nyaman. 

Alderon Twinwall atap kanopi tidak berisik merupakan salah satu merek uPVC terbaik yang cocok untuk hunian Anda. Merupakan jenis atap rumah terbaik, fitur dua layer pada Alderon Twinwall memberikan rongga di antara kedua permukaan, sehingga mampu meredam suara secara optimal. Tidak hanya suara bising dari lingkungan sekitar, Alderon Twinwall juga meredam suara berisik yang diakibatkan oleh hujan deras. Selain diaplikasikan sebagai atap utama, Alderon Twinwall juga menjadi salah satu inspirasi atap kanopi yang tidak berisik.

 

Demikian 6 ide yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kebisingan pada hunian. Semoga dapat menginspirasi Anda dalam menciptakan hunian yang nyaman.

Tertarik mengaplikasikan Alderon Twinwall untuk kebutuhan Anda? Dapatkan produk resmi Alderon di cabang PT. Mulford Indonesia dan distributor resmi yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mengajukan pertanyaan, silakan mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com