Perbandingan Alderon RS Trimdeck, Galvalum dan Spandek

perbandingan alderon rs trimdeck galvalum spandek

Perbandingan Alderon RS Trimdeck, Galvalum dan Spandek

Share this article:

Salah satu kendala yang dihadapi sebelum melakukan konstruksi bangunan adalah pemilihan material atap yang tepat. Setiap material yang ditawarkan di pasaran tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa pilihan material yang banyak digunakan adalah Galvalum, Spandek, dan atap uPVC Alderon. 

Sebelum menentukan pilihan, Anda perlu mengenali sifat dari masing-masing material. Agar lebih mudah, yuk simak 5 perbandingan material Alderon RS Trimdeck, Galvalum, dan Spandek di bawah ini. 

 

alderon vs spandek - alderon lebih kuat dibanding spandek
Alderon vs Spandek – Alderon Lebih Kuat Dibanding Spandek

Bahan Baku

Sama-sama merupakan jenis atap metal, perbedaan spandek dan galvalum dapat dilihat dari komposisi bahan baku yang tersusun di dalamnya. Sesuai dengan namanya, Galvalum (galvanis dan aluminium) merupakan lempengan baja yang dilapisi dengan campuran aluminium, silikon, dan seng. Sementara itu, material Spandek umumnya hanya terdiri dari aluminium dan seng. Keduanya masih termasuk dalam golongan material metal, sehingga akan lebih mudah berkarat terutama jika digunakan pada bangunan tepi laut. 

Sebaliknya, material Alderon RS Trimdeck tidak mengandung komposisi metal, sehingga bersifat anti karat. Sebagai salah satu atap uPVC yang populer digunakan, unsur chlorine atau garam pada komposisi Alderon RS Trimdeck juga menjadi salah satu kelebihan yang membantu mencegah terjadinya penyebaran api.

 

Profil Baru Alderon RS Trimdeck
Alderon RS Trimdeck

 

Daya Serap Panas

Material Galvalum dan Spandek memiliki dua komposisi yang sama, yaitu aluminium dan seng. Oleh karena itu, memiliki sifat yang serupa dalam menahan panas matahari. Keduanya memiliki daya serap yang tinggi terhadap panas matahari, sehingga menggunakan atap Galvalum atau atap Spandek akan membuat ruangan terasa lebih panas. 

Sementara itu, Alderon RS Trimdeck terbuat dari komposisi uPVC dan dilengkapi oleh lapisan pelindung UV, sehingga daya serap terhadap panas matahari lebih rendah. Lapisan pelindung UV ini juga membantu warna Alderon tetap indah. Inilah mengapa Alderon dikenal sebagai atap bangunan sejuk dengan kualitas performa tinggi. 

 

 

Aplikasi

Baim Alderon, Galvalum, dan Spandek memiliki struktur yang fleksibel, sehingga mudah dibentuk atau dilengkungkan sesuai kebutuhan aplikasi. Perbedaan Spandek dan Alderon terletak pada aplikasinya. Selain diaplikasikan untuk kebutuhan atap bangunan, material Spandek dapat diaplikasikan untuk kebutuhan lain seperti dinding atau sekat ruangan. Begitu juga dengan Galvalum. dapat diaplikasikan sebagai rangka partisi, struktur dinding, bahkan pagar. Sementara itu, material Spandek umumnya diaplikasikan sebagai atap dan dinding bangunan. 

Berbeda dengan material Galvalum dan Spandek, Alderon RS Trimdeck diaplikasikan khusus untuk kebutuhan roofing. Anda dapat mengaplikasikan Alderon RS Trimdeck sebagai atap kanopi teras, carport, atau pengganti atap utama. Bahkan atap Alderon aman digunakan pada daerah dengan kadar amonia tinggi. Salah satunya penggunaan atap Alderon untuk peternakan.

 

Instalasi Alderon Step 4 - Panjang overlap trimdeck 1 corrugation
Panjang Overlap Alderon RS Trimdeck 1 corrugation

DAPATKAN ALDERON SEKARANG JUGA DENGAN ISI FORMULIR ONLINE BERIKUT ✨

Instalasi

Proses instalasi dari masing-masing material memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Bagi Anda yang ingin menggunakan material Galvalum dan Spandek, Anda perlu menggunakan jasa profesional untuk melakukan instalasi. Meskipun material Galvalum dan Spandek sudah banyak digunakan, namun tidak banyak jasa profesional yang memiliki keterampilan untuk memasang. Ditambah lagi pada umumnya pemasangan atap Galvalum dan Spandek membutuhkan biaya tambahan untuk insulasi peredam panas.

Sementara, instalasi pada Alderon RS Trimdeck jauh lebih sederhana. Anda dapat melakukannya secara mandiri (Do It Yourself) untuk mengurangi biaya instalasi. Tidak perlu khawatir, karena Alderon RS Trimdeck dilengkapi dengan aksesoris instalasi dan panduan pemasangan yang mudah dipelajari. Dibandingkan material Galvalum dan Spandek, instalasi Alderon RS Trimdeck lebih efektif, baik dari segi biaya, tenaga dan waktu.

 

ukuran panjang lebar tebal alderon rs trimdeck
Ukuran Panjang Lebar Tebal Alderon RS

Ketebalan

Tahukah Anda? Ketebalan material ternyata memiliki pengaruh cukup besar terhadap tingkat kenyamanan loh! Untuk material Galvalum, ukuran ketebalan yang banyak digunakan adalah 0,4 mm – 1 mm. Sementara itu, material Spandek umumnya tersedia dalam ukuran 0,3 mm – 0,5 mm. Berbeda dengan kedua material di atas, spesifikasi ukuran Alderon RS Trimdeck per lembar adalah 1,2 mm dan 1,45 mm untuk kebutuhan proyek.

Berdasarkan ukuran ketebalan tersebut, Galvalum maupun Spandek tidak cukup baik dalam meredam suara dan menahan beban. Dibandingkan dengan Alderon RS Trimdeck, material Galvalum dan Spandek lebih mudah penyok dan menimbulkan suara berisik ketika hujan. Dalam pengujian beban juga menunjukkan bahwa Alderon RS kuat dilindas mobil.

Pada dasarnya, Alderon RS Trimdeck memiliki kemampuan sound transmission lebih baik dibandingkan atap metal seperti Galvalum dan Spandek. Meskipun demikian, Anda dapat memberikan insulasi tambahan jika menginginkan atap yang lebih kedap suara.

 

Demikian sekilas perbandingan antara material Galvalum, Spandek, dan Alderon RS Trimdeck. Semoga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas sebelum Anda menentukan pilihan untuk bangunan Anda. Pastikan Anda memilih material yang tepat untuk bangunan Anda.

Apabila tertarik mengaplikasikan material Alderon RS Trimdeck, Anda dapat melakukan pemesanan melalui PT. Mulford Indonesia, distributor resmi yang tersebar di seluruh Indonesia, atau mengisi inquiry form. Anda juga dapat melakukan konsultasi online selama #DiRumahAja bersama tim profesional kami. Untuk informasi selengkapnya silakan menghubungi kami di 021 2188 2099/2001.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com