Kelebihan Bahan uPVC untuk Kanopi dan Atap Rumah

alderon atap plastik gelombang tahan segala cuaca

Kelebihan Bahan uPVC untuk Kanopi dan Atap Rumah

Share this article:

Sebelum melakukan konstruksi sebuah bangunan, Anda perlu mengenal lebih dulu kebutuhan Anda dan jenis material yang cocok. Ini penting dilakukan agar Anda terhindar dari kesalahan pemilihan produk yang nantinya akan memakan biaya berlebih untuk perbaikan. Untuk keperluan kanopi dan atap rumah, salah satu rekomendasi material yang diberikan adalah uPVC.

Apa itu uPVC

Berbeda dengan material PVC, uPVC (unplasticized Polyvinyl Chloride) tidak mengandung bahan plasticizer. Dengan kata lain, uPVC telah melalui proses unplastized untuk menghilangkan kelenturannya, sehingga material yang dihasilkan lebih keras. 

Dalam industri bahan bangunan, material uPVC umumnya diaplikasikan sebagai kusen, jendela, atau pintu. Akan tetapi, saat ini semakin banyak material uPVC yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan roofing, misalnya atap uPVC Alderon

Jenis Atap uPVC

atap upvc alderon rs twinwall lite
Jenis Atap uPVC Alderon

Sebelum memutuskan untuk membeli material uPVC, penting bagi Anda untuk mengenal jenis atap uPVC yang tersedia dan cocok untuk kebutuhan Anda. Atap uPVC Alderon memiliki dua alternatif pilihan sebagai berikut: 

 

  • Atap uPVC Twinwall

Jenis atap ini memiliki struktur berongga di antara kedua lapisannya. Cocok bagi Anda yang menginginkan kenyamanan ekstra di dalam rumah. Struktur berongga pada uPVC Alderon Twinwall tidak hanya mengisolasi panas dan radiasi sinar UV, tetapi juga meredam suara kebisingan hingga 27%.

Bagi Anda yang menginginkan pencahayaan alami, Anda dapat memilih Alderon Twinwall dengan varian warna Translucent (semi transparan). Persentase cahaya alami yang akan diteruskan yaitu sebanyak 20%, sementara varian warna Doff / Matt tidak dapat menghantarkan cahaya sama sekali. 

 

  • Atap uPVC Singlewall

Tidak seperti Twinwall, jenis atap Singlewall ini hanya terdiri dari satu lapisan dengan ketebalan 1.2 mm. Jika menginginkan produk dengan harga ekonomis, Anda dapat memilih produk Alderon RS Singlewall untuk memenuhi kebutuhan atap Anda.

Secara struktur, Alderon RS lebih tipis dan ringan dibandingkan Alderon Twinwall. Akan tetapi, Alderon RS juga memiliki kemampuan mengisolasi panas dan radiasi sinar UV sebanyak 30%.

 

Kelebihan Bahan uPVC

Menggunakan bahan upvc untuk kanopi dan atap rumah memiliki berbagai kelebihan diantaranya:

 

  • Kuat dan Tahan Lama

Tahap unplastized dalam proses pembuatan memperkuat material Polyvinyl Chloride sehingga menghasilkan material yang lebih rigid (keras). Tidak hanya itu, atap uPVC Alderon telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu meningkatkan daya tahan. 

Berbeda dengan material lain yang mudah termakan rayap, atap uPVC Alderon akan melindungi rumah Anda dari serangan rayap. Alderon juga terbukti tahan terhadap zat kimia yang bersifat korosif seperti asam, minyak, alkali, dan jenis bahan kimia lainnya.

 

  • Ekonomis dan Mudah Dirawat

Atap uPVC Alderon termasuk salah satu pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Selain harganya yang tergolong ekonomis, uPVC Alderon juga sangat mudah dirawat.  

Permukaan uPVC Alderon yang sangat halus tidak memerlukan cat pelapis tambahan, sehingga tidak memerlukan perawatan khusus. Anda cukup membersihkan permukaan atap secara berkala tanpa mengeluarkan banyak biaya. 

 

  • Proteksi Terhadap Api

Material penyusun atap uPVC Alderon didesain secara khusus untuk menghambat penyebaran api pada permukaan. Sebaliknya, jika permukaan terbakar maka api akan padam dengan sendirinya.

 

  • Anti Bocor

Pemasangan atap uPVC Alderon secara tepat akan mencegah terjadinya kebocoran. Dengan profil corrugated atau bergelombang, memungkinkan atap uPVC Alderon untuk mencegah meluapnya air ketika hujan turun. Selain itu, Alderon juga dilengkapi dengan fitur kuncian pada setiap ujung lembaran (sisi overlapping), sehingga mencegah air masuk ke dalam ruangan.

 

Harga Atap uPVC

Atap uPVC dijual dalam bentuk lembaran dengan ukuran tertentu. Harga atap uPVC tergolong murah dibandingkan dengan material atap pada umumnya, namun harga uPVC per meter yang ditawarkan oleh setiap toko bangunan dapat berbeda. Pastikan Anda membeli atap uPVC Alderon di cabang atau distributor resmi Alderon yaitu PT. Mulford Indonesia. 

 

Aplikasi uPVC untuk Kanopi

Atap uPVC Alderon umumnya diaplikasikan sebagai kanopi pada area-area tertentu dalam rumah seperti teras, carport, atau ruang santai di bagian belakang rumah. 

Alderon RS - Aplikasi Atap Alderon pada Kanopi Rumah Minimalis Greca White
Alderon RS – Aplikasi Atap Alderon pada Kanopi Rumah Minimalis Greca White

 

Alderon RS - Atap Kanopi Rumah Minimalis
Alderon RS – Atap Kanopi Rumah Minimalis

Model Atap Kanopi untuk Carport Rumah - Alderon RS
Model Atap Kanopi untuk Carport Rumah – Alderon RS

Aplikasi uPVC untuk Atap Rumah

Tidak hanya diaplikasikan sebagai atap kanopi, kualitas dan daya tahan yang tinggi dari atap uPVC Alderon dapat dijadikan sebagai pengganti atap utama pada bangunan.

alderon rs roma putih aplikasi atap sekolah di sukabumi
Alderon RS Roma Warna Putih – Aplikasi Atap Sekolah di Sukabumi

 

model atap rumah alderon rs roma white perumahan surabaya
Model Atap Rumah Alderon RS Roma White Perumahan Surabaya

 

Alderon RS Roma White pada Atap Rumah Perumahan Bogor
Alderon RS Roma White pada Atap Rumah Perumahan Bogor

 

Demikian penjelasan mengenai atap uPVC Alderon. Semoga dapat membantu Anda lebih mengenal berbagai jenis dan kelebihan atap uPVC sebelum memutuskan untuk menggunakannya pada bangunan Anda. 

Tertarik untuk mengaplikasikan produk uPVC Alderon untuk rumah Anda? Dapatkan produk Alderon di cabang PT. Mulford Indonesia dan distributor resmi yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai produk, Anda dapat mengisi form inquiry atau menghubungi kami di 021 2188 2001/2099.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com