Jenis Pipa PVC dan Fungsinya

jenis pipa air bersih pipa upvc pvc alderon

Jenis Pipa PVC dan Fungsinya

Share this article:

Di zaman sekarang pipa PVC hampir selalu dipakai dalam berbagai jenis sambungan pipa air. Instalasi yang memakai pipa PVC umumnya adalah dapur, kamar mandi, wastafel, keran penyiram bunga, dan lainnya. 

Selain dalam sambungan pipa air, pipa PVC juga tak jarang diterapkan untuk melindungi instalasi kabel listrik sederhana di area rumah. Sebelum muncul pipa PVC, industri mengenal pipa besi untuk pilihan instalasi. Akan tetapi, pipa PVC semakin populer karena dianggap lebih murah, ringan, dan anti karat. Di samping itu, pipa PVC juga lebih mudah dalam pemasangan, fleksibel, serta anti asam alkali. 

Sebenarnya, ada berapa jenis pipa air yang bisa dipilih? Lalu, apa saja fungsinya? Nah, mari kita ungkap jawabannya di ulasan berikut, ya!

Jenis Pipa PVC

Berikut adalah beberapa jenis pipa air yang perlu diketahui: 

 

1. SNI

Jenis pipa air yang pertama adalah SNI atau Standar Nasional Indonesia. Jenis ukuran pipa ini adalah sekitar 5-6 meter. Biasanya dipasang dengan cara disambung dengan karet atau lem pipa. 

2. JIS

Selanjutnya, jenis sambungan pipa air adalah JIS atau Japanese Industrial Standar. Jenis fitting JIS ada 3, yaitu pipa PVC JIS Tipe AW, pipa PVC JIS Tipe D, dan pipa PVC JIS Tipe C. 

  • Sambungan pipa PVC JIS Tipe AW. 

Jenis ukuran pipa air ini adalah 0,5 inci – 10 inci. Karakteristiknya lebih tebal dan bisa menahan tekanan air sampai 10 bar. Karena itu, jenis ukuran pipa ini cocok untuk saluran air bertekanan tinggi seperti sambungan pipa air pompa. 

  • Sambungan pipa PVC JIS Tipe D. 

Selanjutnya, sambungan pipa PVC JIS tipe D yang lebih ideal untuk saluran pembuangan dan limbah. Jenis ukuran pipa air 1 ¼ inci hingga 10 inci, sehingga hanya sanggup menahan sekitar 5 kgf/cm2. 

  • Sambungan pipa PVC JIS Tipe C. 

Terakhir adalah jenis pipa air JIS Tipe C. Dengan ukuran pipa PVC sekitar 5/8 inci – 5 inci. Jenis ukuran pipa ini tipis, jadi lebih cocok untuk pelindung instalasi kabel listrik di rumah. 

3. Limbah

Pipa PVC untuk limbah biasanya dibuat dari bahan plastik polimer khusus. Bisa untuk rumah tangga, industri, atau pabrik. Ketahanan tekanan air  pipa PVC ini adalah 5 kg/m². 

 

Perbedaan Pipa PVC SNI dan JIS

Meski sepintas terlihat mirip, namun ada perbedaan antara pipa PVC SNI dan JIS. Di antaranya terletak pada sambungan pipa. Kalau JIS sambungan pipa menggunakan lem pipa PVC (Solvent Cement). Sedangkan, kalau sambungan pipa PVC SNI dapat memakai lem pipa PVC atau rubber joint

 

Fungsi Pipa PVC

Mari simak beberapa fungsi pipa PVC, antara lain sebagai berikut: 

  • Menyalurkan air bersih maupun air limbah. 
  • Melindungi instalasi kabel listrik, baik yang ditanam di tanah atau di dalam dinding. 
  • Dapat dipakai untuk sambungan pipa air bertekanan tinggi. Seperti penyiram tanaman, irigasi, air minum, wastafel, hingga saluran bahan kimia/ limbah. 
  • Dapat dipakai untuk sambungan pipa air bertekanan sedang seperti venting bangunan, irigasi, dll. 
  • Dapat difungsikan untuk Subduct System dalam bidang telekomunikasi. 

 

Ukuran Pipa PVC

Jenis ukuran pipa PVC ada banyak. Akan tetapi, yang umum dijumpai di pasaran adalah panjang 4 m, dan berdiameter mulai dari 5/8, ½, ¾, 1, 1 ¼, 1 ½, 2, 2 ½, 3, 4, 5, hingga 6 inci. 

 

Bentuk Pipa PVC

Di pasaran, konsumen juga bisa menjumpai berbagai bentuk sambungan pipa PVC. Seperti jenis fitting, MOF, pipa polos, hingga talang air. 

  • Pipa yang polos diameternya sama dan butuh increaser untuk menyambungkan kedua pipa air. 
  • Pipa MOF memiliki diameter lebih besar di ujungnya. Jadi, kalau menyambung dua pipa tidak membutuhkan increaser. 
  • Jenis fitting adalah pipa yang dipakai ketika ingin membuat sambungan lebih dari 2 pipa. Bentuknya beragam, seperti bentuk L, T, dan sebagainya. 
  • Pipa talang umumnya berbentuk U. Difungsikan sebagai talang air yang mengalirkan air hujan dari atap/ genting. 

 

Harga Pipa PVC

Berapa sih harga pipa PVC berkualitas di pasaran saat ini? Bicara soal pipa air berkualitas, Alderon Pipe adalah salah satu produk unggulan dari PT Unipack Plasindo yang sudah teruji lebih dari 30 tahun. 

Alderon Pipe menghadirkan pipa PVC untuk berbagai kebutuhan sambungan air dengan kualitas terjamin, namun harga tetap kompetitif. Cocok untuk sambungan pipa air bersih, sambungan pipa pembuangan, sambungan pipa limbah, irigasi, dan sambungan pipa ventilasi. 

Berikut beberapa keunggulan Alderon Pipe: 

  • Tidak mudah retak atau luntur. 
  • Anti asam alkali dan ramah lingkungan. 
  • Bisa didaur ulang. 
  • Anti Ultraviolet. 
  • Sesuai standar JIS Alderon.

Dengan mengetahui jenis pipa PVC yang ada, semoga dapat membantu Anda menentukan pipa PVC yang tepat untuk kebutuhan. Jangan lupa selalu gunakan Pipa Alderon yang sudah terbukti kualitasnya!

Yuk segera order Pipa Alderon dengan mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001 untuk mengajukan pertanyaan atau pemesanan.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com