Cara Mudah Menghemat Air dengan Bijak

cara menghemat air mematikan keran air

Cara Mudah Menghemat Air dengan Bijak

Share this article:

Persediaan air bersih yang terus menyusut tiap tahunnya. Tentunya, hal ini membuat kita harus lebih bijak dalam menggunakan air bersih baik. Terutama, dalam memanfaatkan persediaan air bersih sebaik-baiknya. 

Apalagi, saat ini langkah dalam menjalankan penghematan air sudah banyak digemborkan oleh berbagai pihak. Baik, dari kalangan individu maupun organisasi. Jadi, tidak ada salahnya, sedari sekarang kita mulai lebih peduli dan mencintai lingkungan alam dengan menjaga kelestarian dan menghemat persediaan air bersih. 

Nah, untuk itu mari kita ikut ambil bagian dalam gerakan hemat air. Kira-kira apa saja sih hal yang bisa kita lakukan? Mari, simak beberapa langkah mudah dan bijak menghemat air berikut, yuk!

 

  • Mengurangi Siraman

cara menghemat air mengurangi siraman menyiram tanaman
Mengurangi Siraman Menyiram Tanaman

Menghemat air dengan mengurangi siraman, ada beberapa aktivitas yang digunakan teknik siraman air. Biasanya aktivitas siraman air yang digunakan adalah mencuci kendaraan, menyiram tanaman dan halaman atau saat menyiram toilet duduk. 

Nah, coba deh gunakan air sebaik mungkin sesuai keperluan untuk menghemat air. Bila kendaraan masih bersih maka tak perlu membersihkan kendaraan. Atau jika sudah hujan maka tidak perlu menyiram lagi. Cara ini bisa menghemat air dengan teknik pengurangan siraman.

 

  • Memantau Penggunaan Air

Dengan memantau penggunaan air di dalam rumah sehingga mampu menghemat air secara bijak. Tanpa ada pemantauan air, bisa terjadi air keran yang meluber di kamar mandi atau bak penampungan. 

Kamu bisa memasang meteran air agar bisa memantau agar tidak boros dan mampu mengetahui jika ada kebocoran.

 

  • Mematikan Keran

cara menghemat air mematikan keran air
Cara Menghemat Air dengan Mematikan Keran Air

Sumber daya air banyak terbuang sia-sia, ketika kita lupa mematikan keran air. Air yang ada di bak air yang sudah penuh, membuat air bersih akan terbuang sia-sia.

 

Baca : Waspada Musim Hujan! Ketahui 5 Penyebab Atap Rumah Bocor

 

  • Waktu Mandi

cara menghemat air waktu mandi menggunakan shower
Cara Menghemat Air dengan Menggunakan Shower

Mandi merupakan momen yang paling ditunggu dan menyenangkan oleh sebagian orang. Maka tak salah banyak orang menghabiskan waktu lama untuk berada di kamar mandi. 

Masalahnya, jika terlalu lama berada di kamar mandi, kamu juga bisa menghabiskan banyak air. Untuk menyiasatinya kamu perlu menggunakan shower agar lebih berhemat dalam penggunaan air.

 

Baca juga : Tips Tentukan Ukuran Pipa PVC Untuk Berbagai Kebutuhan

 

  • Menggosok Gigi

Cara Menghemat Air dengan menggosok gigi dengan gelas
Cara Menghemat Air dengan Menggosok Gigi dengan Gelas

Banyak penelitian yang memperkirakan kita menghabiskan enam liter air dengan terbuang percuma dari keran air saat melakukan aktivitas menggosok gigi. Dari aktivitas ini banyak yang kurang menyadari bahwa itu termasuk pemborosan air. 

Caranya saat anda menggosok gigi gunakan gelas dan taruh air dalam gelas untuk berkumur. Dari sini kamu bisa lebih mudah untuk melakukan penghematan dengan baik.

 

  • Gunakan Filter Air

Di dalam rumah tangga kamu sering membeli air kemasan galon, dan kamu ingin berhemat air maka dengan menggunakan filter air kamu tidak perlu lagi membeli air kemasan atau air galon. 

Kamu tinggal memanfaatkan air keran dalam rumah untuk dikonsumsi dengan baik lalu memfilternya. Mungkin di awal saja kamu akan mengeluarkan dana yang besar namun saat di akumulasikan kamu akan merasakan lebih berhemat lagi.

 

  • Memperbaiki Kebocoran

cara instalasi pipa air yang baik dan benar
Cara Menghemat Air dengan Memperbaiki Pipa yang Bocor

Saluran air di rumah terhubung dengan pipa-pipa penyaluran. Nah mungkin bisa jadi ada kebocoran yang tidak disangka-sangka maka dari itu lakukan penghematan air perlu melakukan pengecekan saluran-saluran air. Apabila ada kebocoran pada saluran pipa maka kamu bisa bergegas memperbaikinya. 

 

pipa pvc upvc alderon sambungan pipa
Gunakan Pipa Alderon Berkualitas

 

Untuk mencegah kebocoran dalam pipa ada baiknya kamu menggunakan pipa dari Alderon. Kenapa begitu? Sebab, Alderon sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dan selalu menghadirkan produk yang berkualitas baik. Ditambah lagi, kini Alderon hadir dengan produk pipa terbaru yaitu pipa PVC yang menjawab kebutuhan pipa anda untuk urusan rumah tangga. Keunggulan lainnya dari pipa Alderon PVC adalah tidak mudah pecah, ramah lingkungan, dapat didaur ulang, dan dapat mereduksi pengaruh sinar UV.

Itulah beberapa cara mudah dilakukan untuk menghemat air. Bagi yang tertarik beralih memakai pipa Alderon atau ingin mendapatkan info selengkapnya seputar instalasi pipa Alderon, silakan hubungi 021 2188 2099/2001 atau klik di sini untuk isi inquiry form.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com