Tips Mengamankan Kabel Listrik Agar Terhindar dari Kerusakan

pipa listrik pipa conduit alderon

Tips Mengamankan Kabel Listrik Agar Terhindar dari Kerusakan

Share this article:

Ada begitu banyak peralatan rumah tangga yang bekerja menggunakan listrik. Lampu, kulkas, AC, blender, mesin cuci, dan smartphone adalah beberapa contohnya. Semua peralatan tersebut membutuhkan suplai listrik yang disalurkan melalui sistem instalasi listrik. Nah, salah satu bagian penting dalam membuat sistem instalasi yang aman dan tertata adalah pipa listrik atau dikenal pula pipa kabel.

Meskipun pemasangan pipa kabel listrik biasanya dilakukan oleh teknisi tetapi bukan berarti Anda sebagai pengguna lepas tangan begitu saja. Bahkan ada baiknya Anda juga punya pengetahuan mendasar tentang pipa instalasi listrik. Jadi ketika terjadi kerusakan ringan, Anda bisa melakukannya sendiri.

Pentingnya Pipa Kabel Listrik

Kabel adalah komponen yang menjadi penghantar arus listrik, karena itu kabel harus diberi pengaman untuk mencegah kerusakan. Apakah itu kerusakan yang disebabkan oleh panas dan hujan, kejatuhan benda, gigitan tikus, dan lain sebagainya. Salah satu cara terbaik yang dikenal hingga saat ini adalah dengan menggunakan pipa kabel listrik.

Bahkan tak hanya mencegah kerusakan pada kabel, pipa listrik juga berguna untuk menjaga keamanan pengguna dari bahaya sengatan listrik maupun kebakaran. Kabel yang saling bergesekan juga akan lebih aman jika dilindungi dengan pipa listrik.

Jenis-Jenis Pipa Listrik

Pipa listrik dikenal pula sebagai pipa kabel atau pipa conduit. Meski secara umum memiliki fungsi yang sama, tetapi di pasaran ada beberapa jenis pipa listrik. Diantaranya ada:

  • Pipa Listrik Clipsal
pipa kabel listrik pvc
Pipa Kabel Listrik PVC

Jenis pipa kabel ini memiliki sifat sangat lentur dan fleksibel karena terbuat dari PVC. Mudah digunakan dan dibengkokkan. Pipa listrik clipsal biasanya berwarna putih dengan 20 mm. Cocok dipasang di dalam maupun luar dinding atau plafon.

  • Pipa Galvanis
pipa listrik pelindung kabel
Pipa Listrik Pelindung Kabel

Ini adalah jenis pipa listrik yang terbuat dari besi galvanis. Ketebalan ukuran pipa listrik Galvanis adalah 1 mm. biasa pula disebut sebagai pipa ledeng dan digunakan di luar ruangan dengan cara ditanam di dalam tanah. Jenis ini cocok untuk kebutuhan tiang lampu taman maupun dak standar.

Cara Pemasangan Pipa Listrik

Untuk memasang pipa listrik pada jaringan yang rumit, Anda butuh seorang teknisi. Tetapi kalau hanya untuk instalasi sederhana atau menambahkan jaringan listrik, Anda bisa melakukannya sendiri. Cara pasang pipa listrik di tembok, di luar ruangan dan lain sebagainya sebenarnya sangat gampang. Anda cukup ikuti beberapa tips berikut:

  • Sesuaikan dulu jalur instalasi yang ada, tujuannya agar tidak saling bertabrakan atau bertumpuk-tumpuk.
  • Gunakan sambungan pipa listrik yang dipasang dengan klem jika terdapat pertemuan antara pipa pada plafon dengan pipa sparing.
  • Untuk memudahkan penarikan kabel di dalam pipa listrik, gunakan kawat pancing.

Tips Memilih Pipa Listrik

Di pasaran ada banyak sekali pipa listrik. Harga pipa listrik juga berbeda-beda. Tetapi karena tujuannya untuk melindungi kabel dari kerusakan, pastikan Anda pilih pipa kabel terbaik. Pilih yang lentur sehingga bisa dibengkokkan hingga 90 derajat atau bahkan bisa dibengkokkan membentuk huruf U.

Salah satu merk pipa listrik terbaik adalah Pipa Alderon. Alderon adalah jenis pipa PVC yang diproduksi oleh PT Unipack Plasindo, perusahaan yang terkenal menghasilkan produk berkualitas dan sudah teruji tahan lama. Selain tersedia dalam berbagai ukuran, Pipa Alderon juga teruji tidak mudah pecah dan luntur, ramah lingkungan, dapat didaur ulang, mereduksi pengaruh sinar UV, dan tentu saja mengacu pada JIS Standard Alderon.

Tertarik menggunakan pipa listrik untuk mengamankan instalasi listrik di rumah? Pastikan Anda gunakan produk pipa Alderon untuk kebutuhan instalasi. Silakan mengisi Formulir Online atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001 untuk mengajukan pertanyaan atau pemesanan.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com