Pelajari Jenis-Jenis Pipa Listrik serta Kegunaannya

24
December
pipa listrik pelindung kabel

Pelajari Jenis-Jenis Pipa Listrik serta Kegunaannya

Share this article:

Pipa memiliki banyak fungsi yang biasanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk kebutuhan sebuah konstruksi bangunan. Oleh karena itu jenis-jenis pipa sangatlah beragam tergantung pada fungsi dari pipa itu sendiri. Salah satu fungsinya adalah untuk digunakan sebagai pelindung kawat penghantar / listrik atau biasanya disebut juga sebagai pipa listrik atau pipa pelindung kabel. Pipa listrik merupakan komponen yang sering digunakan dalam instalasi listrik sebuah bangunan baik hunian maupun kantor.

Selain mempunyai kegunaan sebagai pelindung instalasi kabel, pipa kabel listrik juga mempunyai beberapa kegunaan lainnya. Apa saja kegunaannya? Temukan jawabannya di bawah ini :

  1. Pipa listrik memberikan perlindungan penghantar pada saat mengalami gangguan mekanis dan juga dapat melindungi kabel dari bahaya yang dapat menyebabkan kabel rusak.
  2. Pipa listrik dapat membantu pemasangan instalasi listrik lebih rapi.
  3. Mencegah terjadinya kerusakan pada pembungkus kabel yang dapat menyebabkan konsleting pada listrik.
  4. Untuk mempermudah pada saat melakukan pemasangan kembali apabila diperlukan pembongkaran akibat penghantar yang rusak sehingga diperlukan perbaikan.

Jenis-Jenis Pipa Listrik

Terdapat beragam jenis pipa listrik yang dapat dijadikan pilihan, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan instalasi seperti apa yang akan dipasang. Pipa listrik sendiri tentunya menawarkan keamanan, oleh karena itu pipa listrik pada umumnya mampu menahan beban berat dan tidak membutuhkan jenis pipa yang tebal.

Bahan yang digunakan pun terdiri dari beberapa macam, mari kita simak jenis-jenis pipa listrik berdasarkan bahan yang digunakan berikut ini:

  1. Pipa Union / Pipa Besi

Jenis yang pertama adalah pipa union atau pipa besi. Pipa union terbuat dari plat besi dan mudah dibengkokkan dalam keadaan dingin. Pipa ini diproduksi oleh pabrik tanpa menggunakan las. Harga pipa listrik jenis ini relatif murah sehingga mudah didapat di pasaran.

Keunggulan lainnya dari pipa union adalah mudah dipotong sehingga memudahkan pekerjaan instalasi listrik. Untuk menghindari dari korosi dan karat, pipa ini cocok digunakan di tempat yang kering.

  1. Pipa C / Pipa PVC / Paralon

Pipa PVC juga merupakan salah satu jenis pipa yang dapat digunakan sebagai pipa instalasi listrik. Berbeda dengan pipa union, pipa PVC lebih ringan dan sangat cocok digunakan di daerah lembab. Selain itu, pipa PVC merupakan bahan isolasi sehingga dapat mencegah terjadinya hubungan pendek antar penghantar listrik.

Kelebihan lainnya dari pipa ini adalah pengerjaannya yang mudah, tetapi pipa ini memiliki kelemahan yaitu tidak bertahan lama digunakan pada temperatur kerja di atas 60◦C. Panjang pipa listrik jenis ini yang biasanya beredar di pasaran adalah 4 meter.

  1. Pipa Conduit / Pipa Fleksibel

Jenis pipa listrik berikutnya adalah pipa fleksibel. Pipa fleksibel adalah pipa conduit yang terbuat dari logam yang disambung sedemikian rupa sehingga mudah diatur / lentur. Pipa ini digunakan sebagai pelindung kabel dari dak standar menuju ke meter pembatas listrik.

Selain itu, pipa fleksibel juga biasa dipakai sebagai pelindung pada penghantar instalasi tenaga yang menggunakan motor listrik seperti pres, mesin bubut, mesin skraf, dan lain-lain.

  1. Pipa Galvanis

Pipa Galvanis terbuat dari besi yang bagian luarnya dilapisi bahan pelindung. Bahan pelindung tersebut terbuat dari bahan seng sehingga pipa terlindungi dari korosi. Pipa jenis ini biasanya banyak digunakan pada dak standar dan tiang lampu taman.

Pipa galvanis digunakan di berbagai tempat yang membutuhkan instalasi listrik, tetapi pipa ini sendiri paling jarang digunakan orang banyak karena masih kalah populer dibandingkan dengan 3 jenis pipa lainnya.

Ukuran pipa listrik juga bermacam-macam, oleh karena itu ukuran harus diperhatikan dalam pemasangan instalasi listrik, karena itu semua tergantung dari tujuan pemakaiannya agar dapat disesuaikan dengan banyaknya kabel yang akan dimasukkan ke dalam pipa. 

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis pipa listrik, tentunya Anda juga ingin mengetahui merk pipa listrik terbaik yang dapat Anda jadikan pilihan bukan? Rekomendasi merk pipa terbaik yang dapat digunakan sebagai pipa pelindung adalah pipa Alderon. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pipa ini, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

 

Baca juga:  Dapatkan Diskon Spesial NEW NORMAL Pipa Alderon
pipa listrik pipa conduit alderon
Pipa Listrik – Pipa Conduit Alderon

Pipa Listrik Alderon

Pipa Listrik Alderon merupakan pipa yang dapat digunakan sebagai pipa pelindung karena terbuat dari bahan PVC yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Pipa listrik Alderon terdiri dari Pipa C dan Pipa Conduit.

Mengapa Anda harus memilih merk Alderon? Karena selain ringan, pipa listrik Alderon juga tidak mudah pecah dan luntur, ramah lingkungan, dapat didaur ulang, dapat mereduksi pengaruh sinar UV dan juga mengacu pada JIS Standard Alderon. Selain pipa listrik Alderon juga memiliki pipa PVC yang lengkap, yaitu AW dan D. Pipa ini juga mempunyai jenis dan ukuran fitting yang lengkap dan berkualitas tinggi.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan Alderon sebagai pipa listrik rumah Anda? Cek selengkapnya tentang pipa Alderon di link berikut ini:

https://www.alderon.co.id/id/produk/alderon-pipa/

Silakan mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001 untuk mengajukan pertanyaan atau pemesanan. Semoga bermanfaat ya!

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email export-marketing@impack-pratama.com