Kenali Jenis Plafon Sebelum Memasang Plafon untuk Rumah Anda

jenis plafon grc gypsum kayu pvc upvc

Kenali Jenis Plafon Sebelum Memasang Plafon untuk Rumah Anda

Share this article:

Ada berbagai jenis plafon yang tersedia untuk dipilih sesuai kebutuhan. Masing-masing jenis plafon memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Agar tak terkesan monoton, plafon dapat didesain dan di dekorasi untuk meningkatkan estetika keseluruhan interior rumah Anda. 

Bagi Anda yang sedang merenovasi atau membangun rumah, berikut adalah beberapa jenis plafon yang awet, anti rayap, dan anti bocor dengan tampilan estetik yang bisa dipertimbangkan. Mari simak daftarnya, ya!

Jenis-jenis Plafon

Di pasaran saat ini mudah dijumpai beberapa jenis plafon berdasarkan material pembuatnya yang bisa dipilih sesuai fungsi dan keunggulan fiturnya. Berikut di antaranya: 

1. Plafon Serat Fiber / Glassfibre Reinforced Cement (GRC)

plafon putih serat fiber grc
Plafon Serat Fiber

Umumnya, jenis plafon serat fiber yang terbuat dari pasir dan semen ini sering digunakan untuk residensial. Plafon yang lebih dikenal dengan nama semen fiber ini lebih banyak digunakan sebagai material penutup dinding luar karena karakteristiknya yang kuat, tahan lama, tahan api dan tahan air. Namun kekurangan dari papan semen ini adalah tidak memiliki pilihan warna atau motif jadi harus melakukan finishing seperti di cat. Selain itu akan timbul retak atau pecah sambungan yang akan terlihat cepat atau lambat.

2. Plafon Gypsum

plafon gypsum
Plafon Gypsum

Plafon gypsum terbuat dari lembaran atau ubin gypsum. Bahan ini tersedia dalam ukuran lebar, serbaguna, tahan lama, dan ekonomis. Bobotnya ringan sehingga mudah dipasang.

Jenis plafon gypsum adalah bahan gypsum terkompresi yang dilapisi kertas. Itulah mengapa, jenis plafon gypsum tidak tahan air, tidak tahan kelembaban, dan tidak disarankan untuk aplikasi di luar rumah. 

3. Plafon Kayu

plafon kayu
Plafon Kayu

Jenis plafon lainnya yang umum digunakan adalah kayu. Mudah dipasang dan cocok untuk menambah kesan vintage pada ruangan, plafon kayu mampu memberikan suasana pedesaan yang hangat. Plafon kayu meningkatkan sifat kedap suara dan memberikan sentuhan klasik di rumah Anda. 

Hanya saja, perlu diingat bahwa plafon kayu tidak cocok untuk hunian yang berada di area dengan kelembaban tinggi.

4. Plafon PVC / uPVC

plafon upvc pvc
Plafon uPVC

Jenis plafon uPVC lebih ekonomis ketimbang bahan plafon lain. Bobotnya juga lebih ringan, mudah dipasang, serta tahan lama. Plafon uPVC adalah pilihan yang sangat cocok untuk lingkungan lembab karena tahan terhadap air, anti jamur, tahan lumut/kelembaban, dan anti rayap.

Plafon uPVC tersedia dalam berbagai warna, motif dan desain. Cocok untuk segala ruangan termasuk kamar mandi atau area shower karena tahan air dan anti pelapukan. Plafon uPVC ini juga mudah dipasang dan minim perawatan.

Manakah Jenis Plafon Terbaik? 

Jawabannya, tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda saat ini. Namun, bila Anda ingin plafon yang awet, anti rayap, anti lapuk, tahan bocor, dengan tampilan estetik, Alderon Plafond adalah pilihan terbaik. 

Keunggulan Alderon Plafond

plafon upvc alderon plafond
Plafon uPVC Alderon Plafond

Untuk menghadirkan sentuhan modern dan elegan dalam interior hunian, gunakan Alderon Plafond dengan interlocking system. Alderon Plafond dirancang dengan bobot ringan, anti rayap, tahan air, tahan pelapukan, tahan bocor, yang membuat Alderon Plafond bertahan untuk jangka waktu lama. 

Instalasinya juga lebih mudah dan bahkan Anda bisa memasang sendiri. Desain Alderon Plafond tersedia dalam beberapa varian warna dan motifagar interior ruangan lebih atraktif. 

Alderon Plafond, Pilihan Terbaik untuk Plafon uPVC

motif plafon pvc upvc alderon plafond
Motif Plafon uPVC Alderon Plafond

Alderon Plafond dapat menjadi solusi terbaik langit-langit hunian yang tampil elegan, cantik, dan fungsional. Bersifat tidak merambatkan api, anti air, dan anti rayap, Alderon Plafond sangat cocok untuk berbagai bangunan komersial maupun hunian pribadi.

Apa Ciri-ciri Plafon uPVC Berkualitas? 

Berikut adalah beberapa ciri jenis plafon berkualitas, seperti Alderon Plafond:

  • Tahan Air
  • Pemasangan Mudah
  • Perawatan Mudah
  • Tidak Merambatkan Api
  • Tahan Bahan Kimia
  • Tanpa Finishing
  • Harga Terjangkau
  • Ramah Lingkungan
  • Motif yang Variatif

Demikian penjelasan mengenai jenis plafon beserta keunggulan dan kekurangannya. Semoga dapat membantu Anda menjadi lebih yakin untuk mengaplikasikan jenis plafon terbaik. Informasi lebih lengkap terkait produk Alderon Plafond, dapat Anda temukan di laman Produk Alderon Plafond. Untuk mengajukan pertanyaan, silakan mengisi Formulir Online atau menghubungi kami di 021 2188 2001/2099 atau cs@impack-pratama.com.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com