Cara Mengatasi Pipa yang Tersumbat

cara mengatasi pipa tersumbat dan bocor

Cara Mengatasi Pipa yang Tersumbat

Share this article:

Masalah pipa mampet atau saluran pipa paralon yang tersumbat memang sering menyusahkan kita dalam beraktivitas. Bahkan kondisi pipa tersumbat seperti ini dapat mengakibatkan kebocoran pada pipa akibat tekanan air yang kuat. Kebocoran seperti ini dapat terjadi diberbagai lokasi atau bagian pipa tergantung letak penyebab pipa saluran air tersumbat. 

Penyebab pipa paralon mampet bisa jadi karena banyaknya sisa-sisa bahan makanan yang tertumpuk pada pipa, endapan lumpur dan kotoran, maupun endapan sabun. Biasanya kebocoran seperti ini juga terjadi di area penyambungan maupun kondisi pipa yang sudah tua dan tidak kuat lagi menahan tekanan air karena adanya penyumbatan.

peralatan membersihkan pipa tersumbat lemon baking soda
Membersihkan Pipa Tersumbat dengan Lemon, Cuka & Baking Soda

Kondisi pipa yang tersumbat harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius seperti kebocoran pipa yang parah. Mengatasi pipa tersumbat dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti menggunakan tali, campuran baking soda dan cuka, pembersih bahan kimia, sabun cuci piring, dan sebagainya. Untuk mengetahui penyebab pipa tersumbat, cara mendeteksi pipa mampet, dan cara mengatasi pipa air tersumbat, Anda bisa menyimaknya pada pembahasan kali ini.

Penyebab Pipa Tersumbat

Jika pipa saluran air di rumah Anda mampet, faktor berikut bisa menjadi penyebab tersumbatnya pipa saluran air.

  • Menumpuknya Sampah Makanan

Salah satu penyebab pipa tersumbat adalah akibat menumpuknya sampah makanan bekas mencuci piring. Hal ini merupakan penyebab pipa tersumbat yang umum terjadi, khususnya di wastafel. Piring yang masih meninggalkan sisa-sisa makanan seharusnya dibersihkan terlebih dahulu. 

Dengan cara membuang sisa-sisa makanan tersebut ke tempat sampah. Jika sisa-sisa makanan dibiarkan mengalir ke wastafel cucian piring maka lama-kelamaan pipa saluran air dapat tersumbat dan akan menghambat Anda dalam beraktivitas.

 

pipa westafel tersumbat karena rambut
Penyebab Pipa Tersumbat karena Rambut
  • Adanya Endapan Sabun & Tumpukan Rambut

Selain sampah makanan, sabun dan rambut juga dapat menjadi salah satu penyebab pipa tersumbat. Sabun merupakan senyawa yang sangat mudah menyatu dengan material lain disekelilingnya. Sabun lama-kelamaan akan menimbulkan endapan dan menempel pada pipa paralon sehingga dapat menyumbat aliran air. Endapan yang dihasilkan sabun biasanya berwarna putih.

 

  • Minyak dan Lemak

Tanpa disadari, minyak dan lemak ternyata menjadi penyebab utama pipa tersumbat. Hal ini karena sifat keduanya yang tidak bisa menyatu dengan air namun dengan mudahnya dapat menempel di material lain. Dalam hal ini, minyak dan lemak akan cepat memadat dan menempel pada dinding pipa sehingga dapat mengakibatkan sumbatan.

 

Cara Mendeteksi Pipa yang Tersumbat

Jika pipa saluran air Anda tersumbat, maka dapat dikenali dengan beberapa tanda berikut.

  1. Air mengalir lambat atau bahkan tidak dapat mengalir ketika dialirkan atau dibuang ke saluran pembuangan.
  2. Jika saluran air di lokasi berbeda digunakan akan terdengar suara berdeguk.
  3. Saluran pembuangan mengeluarkan bau tak sedap.
  4. Untuk mendeteksi bagian yang tersumbat, Anda bisa mengeceknya di bagian fitting PVC atau pada sambungan pipanya.

 

Solusi Perbaikan Pipa Tersumbat

Jika titik lokasi sumbatan telah ditemukan, Anda bisa mulai mengatasi pipa tersumbat dengan beberapa cara sebagai berikut.

tali solusi perbaikan pipa tersumbat
Solusi Perbaikan Pipa Tersumbat. Sumber: Google
  • Menggunakan tali yang dikaitkan dengan gulungan plastik 

Anda bisa memasukkan tali ini ke pipa yang tersumbat dengan terus dialiri air kran. Jika tali sudah mencapai ujung, tarik perlahan dan kotoran akan terangkat. Cara ini hanya digunakan apabila pipa tegak lurus.

 

  • Menggunakan pembersih bahan kimia

Cara mengatasi pipa tersumbat yang paling mudah adalah menggunakan pembersih bahan kimia. Meskipun harga yang ditawarkan lebih mahal, namun hasil yang didapatkan cukup memuaskan. Selain itu, pembersih bahan kimia juga tidak bersifat korosif, sehingga aman untuk pipa.

 

Itulah beberapa cara mengatasi pipa tersumbat. Selain cara diatas, Anda juga bisa membersihkan pipa mampet dengan menggunakan campuran baking soda dan cuka, baking soda dan air panas, lemon dan cuka, dan sebagainya. Selain itu, agar bagian pipa yang tersumbat tidak mudah bocor, Anda harus menggunakan pipa berkualitas yang tidak mudah pecah dan tahan lama. 

Dalam mengatasi kebutuhan ini, Pipa PVC Alderon telah hadir untuk membantu Anda dalam mengatasi sistem perpipaan yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Pipa Alderon dihadirkan dengan ukuran yang lengkap, mulai dari ½” hingga 10” dengan sistem sambungan MOF/Solvent Cement atau penyambungan pipa menggunakan lem. 

 

perbedaan pipa pvc kelas aw dan d
Pipa Alderon Tipe D dan AW

Dimana Bisa Mendapatkan Pipa PVC Alderon?

Temukan produk pipa PVC Alderon terbaik sesuai kebutuhan Anda melalui toko bangunan terdekat di kota tempat tinggal Anda, terutama Jakarta, Medan, Bandung, dan Surabaya. Atau, Anda juga bisa mendapatkan produk pipa PVC Alderon secara online dengan melengkapi inquiry form atau kontak kami melalui 021 2188 2001/2099.

Download brosur Pipa Alderon disini.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com