4 Bahan Kanopi Terbaik Paling Awet

bahan kanopi terbaik

4 Bahan Kanopi Terbaik Paling Awet

Share this article:

Sedang bingung mencari bahan kanopi yang bagus dan tahan lama? Di pasaran ada banyak jenis bahan untuk atap kanopi. Karena itu, mungkin Anda agak bingung memutuskan manakah bahan kanopi yang bagus. 

Atap kanopi paling sering digunakan untuk perlindungan hujan dan matahari. Namun, tak sekadar fungsi naungan semata. Atap kanopi juga digunakan sebagai dekorasi dan mendapatkan pencahayaan alami. Misalnya, dengan bahan atap kanopi bening atau bahan atap kanopi transparan. 

Tak perlu bingung, mari kita bahas daftar bahan kanopi yang bagus di artikel kali ini!

Daftar Bahan Kanopi Paling Bagus

1. uPVC

alderon twinwall upvc berongga tebal 10 mm
Atap uPVC Alderon

Rekomendasi bahan kanopi yang bagus dan tahan lama adalah atap uPVC (Unplasticied Ply Vinyl Chloride). Bahan ini sangat kuat, kokoh, dan tahan lama. Salah satu bahan atap kanopi Alderon yang menjadi solusi kebutuhan atap. Dapat diaplikasikan untuk bangunan komersial maupun perumahan.

Bahan atap kanopi Alderon terdiri dari Alderon Twinwall dan Alderon RS. Alderon Twinwall adalah jenis kanopi terbaik dengan fitur bergelombang dan berongga untuk meredam panas dan kebisingan. Sedangkan, Alderon RS adalah jenis atap kanopi Alderon yang mampu menghalau sinar ultraviolet berbahaya. Ruangan tetap sejuk dan tentunya dengan harga yang lebih ekonomis. 

Keunggulan uPVC sebagai bahan kanopi Alderon 

  • Kokoh dan warna tidak mudah memudar
  • Mampu meredam suara dan tahan panas
  • Tahanbahan kimia
  • Tidak berkarat dan anti rayap
  • Varian warna menarik
  • Bergaransi hingga 15 tahun

2. Polycarbonate 

perbedaan warna alderon dan polycarbonate
Atap Polycarbonate vs Atap uPVC

Bahan kanopi yang bagus berikutnya adalah Polycarbonate. Material kanopi Polycarbonate adalah termoplastik yang mampu mentransmisikan cahaya seefisien kaca. Tahan benturan, kokoh, dan tidak mudah pecah. 

Untuk kebutuhan bahan kanopi kualitas terbaik, Anda dapat menggunakan produk polycarbonate produksi PT Impack Pratama Industri Tbk yaitu  SolarTuff, TwinLite, dan EZ-Lock

Jika Anda sedang membutuhkan bahan atap kanopi bening, sangat direkomendasikan memakai Solartuff sebagai bahan atap teras atau pengganti kanopi plastik konvensional. EZLock memiliki sistem penguncian yang praktis dan mudah dipasang sendiri. Sedangkan, Twinlite mampu menahan perubahan cuaca ekstrim dengan dinding insulasi termal ganda.

Selain itu, ketiga bahan kanopi Polycarbonate di atas memiliki kekuatan 250 kali lebih kuat dari kaca dan memiliki garansi hingga 10 dan 15 tahun. Ditambah lagi, walaupun bahan kanopi polycarbonate di atas adalah transparan, bahan kanopi yang adem. Sebab, dengan perlindungan sinar UV dan kualitas transmisi panas yang minimal, mampu menjaga area di bawah atap tetap sejuk dan adem, meskipun kondisi sedang terik dan cerah. 

3. PVC 

beda atap pvc dan atap upvc
Atap PVC vs Atap uPVC

Macam bahan kanopi lainnya yang dapat dipertimbangkan adalah PVC (Polyvinyl Chloride). Dapat dikatakan, PVC adalah salah satu jenis atap kanopi terbaik yang kuat dan ekonomis. Bisa dijadikan atap carport, bahan atap teras, jenis atap kanopi garasi, dan kebutuhan atap bangunan lainnya. 

LaserCool dapat menjadi pilihan ideal bahan kanopi PVC yang menerapkan teknologi dari Australia. Jenis bahan untuk atap kanopi ini sangat cocok diaplikasikan untuk rumah, pabrik, atau struktur bangunan Anda yang lain. 

LaserCool hadir dalam varian warna yang menawan, di antaranya Blue Sky, Clear Transparent, Light Green, dan Clear Translucent. 

4. Fiber 

atap fiberglass alsynite
Atap Fiberglass

Bahan atap kanopi fiber umumnya tembus cahaya dengan kualitas yang tahan lama. Dilapisi pelindung sinar ultraviolet agar panas dan intensitas cahaya dapat dihalau untuk kenyamanan penghuni. 

Bila Anda membutuhkan bahan atap kanopi fiber berkualitas, Alsynite adalah jawabannya! Lebih kokoh, kuat, serta ekonomis untuk atap skylight maupun cladding struktur bangunan Anda. 

Keunggulan Alsynite

  • Bergaransi hingga 25 tahun
  • Profil dapat disesuaikan dengan atap jenis lainnya
  • Mampu meredam suhu panas dan perubahan cuaca ekstrim
  • Menyebarkan cahaya dengan merata
  • Tahan bahan kimia
  • Bersifat tahan api

Alsynite cocok diaplikasikan untuk industri atau bangunan komersial, gudang, garasi mobil, tempat olahraga, pusat perbelanjaan, pergola, teras, dan masih banyak lagi bangunan lainnya. 

Kekurangan Macam Bahan Kanopi: Kaca, Metal, Seng, Asbes, Bitumen/ Aspal, Membran/ Kain

Setelah mempelajari berbagai keunggulan bahan kanopi terbaik, Anda juga perlu memahami macam bahan kanopi lainnya. Di antaranya kaca, spandek, seng, asbes, aspal, dan membran/kain. 

  • Kaca

Bahan kanopi kaca terlihat elegan dan mempercantik bangunan. Akan tetapi, kaca agak mahal dari material kanopi lainnya. Selain itu, bila pemasangannya kurang tepat dapat membahayakan keselamatan dan mudah pecah. Terkadang, atap kaca juga akan sangat panas apabila tidak dilapisi filter anti sinar ultraviolet. 

  • Kain

Bahan kanopi kain atau membran tidak sekuat material atap lain, seperti PVC atau uPVC. Biasanya, bahan kanopi kain tidak dirancang untuk struktur bangunan di atas 5 tahun. Karena rentan terkoyak (sobek) dan mudah rusak. 

  • Metal

Atap metaldapat menimbulkan suara berisik ketika hujan. Tak hanya itu, jika terpapar sinar matahari intensitas tinggi, warnanya juga cepat memudar. 

  • Seng

Seng kanopi sangat lumrah dipakai untuk lapak atau kios dan berbagai kebutuhan bangunan lainnya. Akan tetapi, seng kanopi biasanya sangat panas ketika siang karena terbuat dari bahan logam. 

  • Asbes

Sekalipun harganya murah, namun material kanopi asbes berisiko tinggi pecah atau retak. Selain itu, bahan kanopi asbes tidak direkomendasikan karena dapat memicu penyakit paru-paru. 

  • Bitumen/ Aspal

Tak bisa dipungkiri, bahan atap bitumen atau aspal memang kokoh dan tahan lama bertahun-tahun. Akan tetapi, proses pemasangan dan peralatan membutuhkan biaya tinggi dan tenaga ahli. 

Rekomendasi Bahan Kanopi yang Bagus dan Tahan Lama

Masih pikir-pikir mau pakai bahan kanopi yang mana? Pastikan Anda hanya menggunakan produk dari PT Impack Pratama Industri Tbk yang sudah jelas dan terbukti kualitasnya. 

Apakah Anda mau memakai bahan atap kanopi uPVC Alderon, atau bahan kanopi polycarbonate? Silakan diskusikan bersama tim marketing kami melalui 021 2188 2099 / 2001 atau email cs@impack-pratama.com. Anda juga dapat melengkapi Formulir Online untuk penawaran terbaik hari ini!

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com