Sama-sama Atap Plastik, Ini Bedanya Alderon vs Polycarbonate

perbedaan alderon dan polycarbonate

Sama-sama Atap Plastik, Ini Bedanya Alderon vs Polycarbonate

Share this article:

Alderon vs Polycarbonate

Atap plastik gelombang kini kian populer dan diminati masyarakat. Salah satunya yaitu Atap uPVC Alderon yang dapat diaplikasikan sebagai atap kanopi, wall cladding hingga atap utama pada rumah atau bangunan. Material uPVC banyak dipilih dikarenakan memiliki berbagai kelebihan diantaranya kuat dan kokoh, mampu meredam panas dan suara dan lain sebagainya yang dapat Anda lihat disini.

Atap plastik gelombang populer lainnya yaitu atap Polycarbonate. Pada umumnya atap Polycarbonate memiliki sifat yang bening atau tembus pandang namun ada juga yang solid atau doff. Atap Polycarbonate dapat diaplikasikan sebagai atap skylight atau atap transparan untuk area atau ruangan yang membutuhkan sinar matahari seperti area komersial seperti pusat perbelanjaan, lapangan olahraga hingga atap kolam renang. Material Polycarbonate banyak dipilih karena awet, ringan, sangat kuat, anti pecah, pemasangannya mudah dan berbagai kelebihan lainnya yang dapat Anda lihat disini.

Untuk itu simak berikut ulasan perbedaan Alderon vs Polycarbonate di bawah ini.

 

Perbedaan Alderon vs Polycarbonate

 

perbedaan alderon dan polycarbonate solartuff
Perbedaan Alderon dan Polycarbonate Solartuff

Bahan Material

Atap uPVC Alderon terbuat dari bahan Unplasticide Polyvinyl Chloride atau lebih dikenal dengan sebutan atap uPVC yang dibuat tanpa menggunakan plasticizer yang membuatnya menjadi rigid atau kokoh dan anti pecah. Tak heran bangunan-bangunan besar seperti pasar, pusat perbelanjaan, gudang, hingga pabrik banyak menggunakan atap uPVC Alderon sebagai atap utamanya.

Sementara lain halnya dengan atap Polycarbonate yang terbuat dari bahan polimer yang spesial, unik, lentur, sangat kuat, tahan terhadap suhu, serta transparan sehingga cocok diaplikasikan untuk pembiasan cahaya.

 

alderon vs polycarbonate solartuff atap transparan datar gelombang
Alderon vs Polycarbonate

Jenis Profil

Saat ini Alderon hanya memiliki profil bergelombang sementara Polycarbonate yang dapat kita temukan memiliki profil gelombang dan datar. Namun begitu Alderon memiliki varian profile yang beragam mulai dari Alderon Twinwall 830, Alderon Twinwall 860, Alderon RS Roma, Alderon RS Greca, Alderon RS Trimdeck hingga Alderon Lite. Perbedaan ketiga tipe Alderon RS dapat Anda simak ulasannya pada artikel berikut ini.

 

spesifikasi ukuran panjang lebar tebal alderon
Spesifikasi Ukuran Panjang Lebar Tebal Alderon

Spesifikasi dan Ukuran

Alderon memiliki 2 tipe yaitu single layer dan double layer yang memiliki rongga. Rongga ini akan menahan panas dengan baik sekaligus juga menyerap suara bising ketika hujan. Menariknya lagi, jenis atap dengan rongga ini mampu menahan beban hingga 200kg.

Lain halnya dengan Polycarbonate, yang beredar luas di pasaran memiliki 2 tipe satu layer, dua layer hingga 3 layer.

Alderon juga memiliki ukuran yang beragam yang dapat Anda lihat disini.

 

perbedaan warna alderon dan polycarbonate
Perbedaan Warna Alderon dan Polycarbonate

Warna

Alderon memiliki 4 pilihan warna yaitu Putih Doff, Biru Doff, Putih Semi Transparan dan Biru Semi Transparan untuk profile Alderon Twinwall. Sementara untuk profile Alderon RS memiliki 3 pilihan warna yaitu Putih, Abu-abu dan Biru.

Sedangkan Polycarbonate memiliki varian warna yang lebih beragam dari bening transparan hingga bronze atau abu-abu gelap.

Berbeda dengan atap bening polycarbonate yang transparan, Alderon memiliki varian doff dan semi transparan atau translucent yang dapat meneruskan cahaya sebesar 20% yang spesifikasi lengkapnya dapat Anda lihat pada halaman Alderon Twinwall.

 

Alderon RS - Aplikasi Kanopi Rumah Kombinasi Alderon RS dan SolarTuff
Alderon RS – Aplikasi Kanopi Rumah Kombinasi Alderon RS dan SolarTuff

Aplikasi

Alderon maupun Polycarbonate dapat diaplikasikan sebagai atap kanopi, atap teras rumah, atap skylight hingga wall cladding dan partisi. Pada pemasangannya Alderon dapat dikombinasikan atau digabung dengan Polycarbonate. Pilih Alderon dengan profile gelombang dan ukuran yang sama dengan Polycarbonate. Contohnya Alderon RS Roma yang memiliki gelombang mirip dengan Polycarbonate merk SolarTuff varian Roma.

 

Lihat Infografis Perbedaan Alderon dan Polycarbonate disini.

 

Demikian perbedaan Alderon dan Polycarbonate. Semoga penjelasan ini dapat membuat Anda lebih yakin dalam menentukan pilihan material atap yang tepat. Tertarik mengaplikasikan material Alderon atau Polycarbonate untuk atap Anda? Silakan menghubungi kami dengan mengisi inquiry form atau 021 2188 2001/2099.

Share this article:

LET'S GET SOCIAL

Want to get our product faster ?

CONTACT US

Alderon

Altira Office Tower 37th Floor
Altira Business Park
Jl. Yos Sudarso Kav. 85
Jakarta 14350 - Indonesia

Phone +6221 2188 2099 / 2001
Fax : +6221 2188 2098 / 2021
Email cs@impack-pratama.com